Jawabanmu

2014-03-12T16:14:28+07:00
Pada abad ke 8 di pedalaman Jawa Tengah disebutkan berdiri sebuah Kerajaan Mataram Hindu. Pendirinya adalah Raja Sanjaya. Munculnya Kerajaan Mataram ini diterangkan didalam Carita Parahyangan. 

Kisahnya adalah dahulu ada sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama Galuh. Rajanya bernama Sanna (Sena). Pada Suatu ketika, ia diserang oleh saudaranya yang menghendaki takhta. Raja Sanna meninggal dalam peristiwa tersebut, sementara saudara perempuannya, Sannaha, bersama keluarga raja yang lainnya berhasil melarikan diri ke lereng Gunung Merapi. 

Anak Sannaha, yang bernama Sanjaya, 
2014-03-12T20:24:16+07:00
Mataram Hindu1.Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya
2. Sri Maharaja Rakai Panangkaran
3. Sri Maharaja Rakai Pananggalan 
4. Sri Maharaja Rakai Warak
5. Sri Maharaja Rakai Garung 
6. Sri Maharaja Rakai Pikatan
7. Sri Maharaja Rakai Kayuwangi
8. Sri Maharaja Rakai Watuhumalang
9. Sri Maharaja Rakai Dyah Belitung
10. Sri Maharaja Rakai Daksa
11. Sri Maharaja Rakai Dyah Tulodhong
12. Sri Maharaja Rakai Dyah Wawa 


Mataram Budha1.     Raja Syailendra : Raja Banu / Syailendra merupakan Raja pertama sekaligus pendiri Wangsa Syailendra2.     Raja Dharanendra : Pada masa pemerintahannya, Candi Borobudur mulai dibangun tepatnya 778 M3.     Raja Indra : Pada masa pemerintahannya, Raja Indra membuat Klurak yang berangka tahun 782 M, di daerah Prambanan4.      Raja Samaratungga : Raja Samaratungga berperan menjadi pengatur segala dimensi kehidupan rakyatnya. Sebagai raja Mataram Budha, Samaratungga sangat menhayati nilai agama dan budaya Pada masa pemerintahannya Candi Borobudur selesai dibangun.5.     Raja Pramodhawardhani : Pramodhawardhani adalah putri Samaratungga yang dikenal cerdas dan cantik. Beliau bergelar Sri Kaluhunan, yang artinya seorang sekar kedhaton yang menjadi tumpuan harapan bagi rakyat. Pramodhawardhani kelak menjadi permaisuri raja Rakai Pikatan, Raja Mataram Kuno dari Wangsa Sanjaya.6.     Raja Balaputera Dewa : Balaputera Dewa adalah putera Raja Samaratungga dari ibu yang bernama Dewi Tara, puteri raja Sriwijaya. Dari Prasasti Ratu Boko, terjadi perebutan tahta kerajaan oleh Rakai Pikatan yang menjadi suami Pramodhawardhani. Balaputera Dewa merasa berhak mendapatkan tahta tersebut karena beliau merupakan anak laki-laki berdarah Syailendra dan tidak setuju terhadap tahta yang diberikan kepada Rakai  Pikatan yang keturunan Sanjaya. Dalam peperangan saudara tersebut Balaputera Dewa mengalami kekalahan dan melarikan diri ke Pelembang.




raja sriwijaya 

- 683         Sri Jayanasa 
 - 702         Sri Indrawarman 
 - 775         Dharanindra 
 - 792         Samaratungga 
 - 835         Balaputradewa 
 - 988         Sri Cudamani Warmadewa 
 - 1008         Sri Mara-Vijayottunggawarman 
 - 1025         Sangrama-Vijayottunggawarman