Jawabanmu

2014-03-12T16:13:03+07:00
 'tabut Tuhan', 'tabut Allah', 'tabut perjanjian Tuhan', dan 'tabut kesaksian'. Digambarkan dalam Kel 25:10-22 dan 37:1-9. Tabut berbentuk peti agak persegi panjang ('aron) dibuat dari kayu penaga, ukurannya 1,3 x 1 x 1 m. Seluruh tubuh tabut ditutupi dengan emas. Untuk mengangkut tabut digunakan tongkat kayu yg dimasukkan ke lobang gelang-gelang pada keempat penjurunya. Tutup tabut ('tutup pendamaian') dibuat dari emas; di kedua ujung tutup pendamaian itu terletak satu kerub. Wajah kedua kerub itu berhadapan dan sayap masing-masing terentang.Tabut sebagai: (i) tempat menyimpan kedua Loh Hukum -- Dasa Titah (Kel 25:16, 21; 40:20; Ul 10:1-5); buli-buli berisi manna dan tongkat Harun (Ibr 9:4-5), dan (ii) sarana pertemuan di dalam tempat kudus dari mana Tuhan menyatakan kehendak-Nya kepada pelayan-Nya (Musa, Kel 25:22; 30:35; Harun, Im 16:2; Yosua, Yos 7:6). Jadi tabut melambangkan kehadiran Tuhan yg menuntun umatNya. Tabut dibuat di Sinai oleh Bezaleel menurut pola yg disampaikan kepada Musa (Kel 25: 8 dab). Di dalam tabut itulah disimpan hukum Taurat yg tertulis (Ul 31:9; Yos 24:26) dan tabut memainkan peranan penting dalam peristiwa penyeberangan S Yordan (Yos 3-4), peristiwa jatuhnya Yerikho (Yos 5-6), dan pada upacara mengingat perjanjian di G Ebal (Yos 8:30 dab).Dari Gilgal tabut dipindahkan ke Betel (Hak 2:1; 20:27), lalu dibawa ke Silo pada zaman Hakim-hakim (1 Sam 1:3; 3:3), dan di sana terus hingga dirampas oleh orang Filistin di medan pertempuran di Eben-Haezer (1 Sam 4). Kehadiran tabut di kota-kota Filistin menimbulkan wabah di kota-kota itu, dan keadaan ini terus berlangsung selama 7 bin. Karena itu orang Filistin mengembalikan tabut itu ke Kiryat-Yearim, dan di sanalah tabut itu tinggal selama 20 thn (2 Sani 5:1-7:2), kecuali mungkin, pindah untuk sementara ke perkemahan Saul dekat Bet-Awen (1 Sam 14:18; LXX dan TBI membaca 'efod', bukan 'tabut').Raja Daud menempatkan tabut di sebuah kemah di Yerusalem (2 Sam 6) dan tidak mau memindahkannya selama pemberontakan Absalom (2 Sam 15:24-29). Dengan upacara kebesaran raja Salomo menempatkan tabut di Bait Suci (1 Raj 8:1 dab), dan kembali ditempatkan di tempat kudus sesudah pembaharuan yg dilakukan Yosia (2 Taw 35:3). Yeremia (3:16) menubuatkan suatu zaman tanpa tabut itu. Mungkin tabut itu hilang waktu Yerusalem dibinasakan oleh orang Babel pada thn 587 sM. Dalam Bait Suci Kedua tidak ada tabut (Jos., BJ 5. 219).Alat-alat kayu yg dilapisi dengan emas dan wadah-wadah suci yg mudah dibawa, sudah dikenal di Timur Tengah Purba pada zaman sebelum Musa. Namun sebagai tempat penyimpanan dokumen yg mengandung ketentuan-ketentuan perjanjian ('edut), tabut Israel bersifat unik. KAK/NY WBS/HAO
Jawaban paling cerdas!
2014-03-12T17:08:29+07:00
Tradisi Tabut adalah sebuah Suatu Tradisi yang berupa meletakan Sembako diatas batang tabut,menggoyangkan tabut setelah itu dibuang kelaut yang diadakan setiap tanggal 1-10 Muharam di Pariaman,Sumatera Barat.
Fungsi Tabut : Sebagai Rasa Terima kasih
Kegunaan     : Memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad saw yaitu Hasan dan Husain dalam Perang Karbala.
2 4 2