Jelaskan mekanisme jalannya air pada Porifera yang memiliki tipe saluran air ascon. !
jelaskan mekanisme jalannya air pada Porifera yang memiliki tipe saluran air sycon.!
Jelaskan mekanisme jalannya air pada Porifera yang memiliki tipe saluran air Rhagon/Leucon.!

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-12T10:13:49+07:00
Porifera merupakan hewan bersel banyak (metazoa) yang paling sederhana. Sebagian 
besar hewan ini hidup di laut dangkal, sampai kedalaman 3,5 meter, dan hanya satu 
suku (familia) yang hidup di habitat air tawar yaitu Spongilidae. 
Porifera mempunyai bentuk tubuh menyerupai vas bunga atau piala dan melekat pada 
dasar perairan. Tubuhnya terdiri dari dua lapisan sel ( diploblastik ) dengan lapisan luar 
(epidermis) tersusun atas sel-sel berbentuk pipih, disebut pinakosit. Pada epidermis 
terdapat porus/lubang kecil disebut ostia yang dihubungkan oleh saluran ke rongga 
tubuh (spongocoel). Sedangkan lapisan dalam tersusun atas sel-sel berleher dan 
ber flagel disebut koanosit yang berfungsi untuk mencernakan makananBerdasarkan sistem saluran air yang terdapat pada Porifera, hewan ini dibedakan atas 
tiga tipe tubuh, yaitu tipa Ascon, tipe Sycon dan tipe Rhagon. Ikuti uraian berikut ini! 
1. Tipe Ascon 
Tipe Ascon merupakan tipe Porifera yang mempunyai sistem saluran air sederhana. Air 
masuk melalui pori yang pendek, lurus ke spongocoel (rongga tubuh) lalu keluar 
melalui oskulum. Contoh tipe Ascon misalnya Leucoslenia. 
2. Tipe Sycon 
Tipe Sycon merupakan Porifera yang mempunyai dua tipe saluran air, tetapi hanya 
radialnya yang mempunyai koanosit. Air masuk melalui pori ’‡ke saluran radial yang 
berdinding koanosit ’‡spongocoel ’‡keluar melalui oskulum, misalnya Scypha. 
3. Tipe Rhagon (Leucon) 
Tipe Rhagon merupakan Porifera dengan tipe saluran air yang paling kompleks/rumit. 
Porifera ini mempunyai lapisan masoglea yang tebal dengan sistem saluran air 
bercabang-cabang. Koanosit dibatasi oleh suatu rongga yang bersilia berbentuk bulat. 
Air masuk melalui pori ’‡saluran radial yang bercabang-cabang ’‡keluar melalui 
oskulum. misalnya Euspongia dan Spongida.
3 5 3
2014-03-12T15:46:57+07:00
Porifera merupakan hewan bersel banyak (metazoa) yang paling sederhana. Sebagian 
besar hewan ini hidup di laut dangkal, sampai kedamakasilaman 3,5 meter, dan hanya satu 
suku (familia) yang hidup di habitat air tawar yaitu Spongilidae
2 3 2