Jawabanmu

2014-03-11T21:51:56+07:00
Singkatnya:
Pembuahan Tunggal:Terjadi pada tumb.Gymnospermae,yang mana hanya terjadi satu kali pembuahan.
antara ovum(n) dan sperma(n)

Pembuahan Ganda :Terjadi pada tumbuhan Angiospermae,yang mana terjadi dua kali pembuahan:
1.Sel sperma I(n) dengan Ovum(n) menghasil Zigot(2n)
2.Sel sperma II(n) dengan Inti Kandung Lembaga Sekunder(2n) menghasilkan Endosperm(3n)
Endosperm sebagai cadangan makanan bagi embryo.
2014-03-11T21:53:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dasar teori
Pembuahantunggal adalah pembuahanpada tanaman, dimana serbuk sari hanya membuahi satu ovum saja di dalam bunga. Pembuahantunggal ini terjadi padatanaman gymnospermae (tanaman berbiji terbuka. Buka pada tanaman inihanya menghasilkan satu jenis ovum saja sehingga sperma (serbuk sari) yang masuk hanya bisa melakukan pembuahansatu kali saja. Hasil pembuahantersebut adalah zigot(2n) dimanazigot ini akan berkembang menjadi tanaman baru (biji). Disebut biji terbuka karena tidak ada pembuahankedua yang akan menghasilkan daging buah, sehingga bijitidak dibungkus oleh daging buah. 
Pembuahanganda adalah pembuahanpada tanaman, dimana serbuk sari (sperma) membuahi dua jenis ovum dalam satu bunga. Pembuahanganda ini terjadi padatanaman angiospermae (tanaman berbiji tertutup). Bunga tanaman angiospermae akan menghasilkan 3 jenis sel ovum, yaitu inti kandung lembaga primer, inti kandung lembaga sekunder dan sel sinergid. Pembuahanpada tanaman angiospermae berlangsung2 kali, pertama Spermatozoa 1 membuahi ovum menghasilkan zigot (2n) dimanaakan berkembang menjadi tumbuhan baru(biji) dan kedua Spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder menghasilkan endospermae (3n) yang akan menjadi cadangan makanan bagi tumbuhan baru tersebut (daging buah). Sedangkan sel sinergid merupakan sel cadangan bilamana terjadi kerusakan pada sel ovum lainnya. Disebut biji tertutup karena bijinya tertutupi oleh daging buah yang berasal dari pembuahan kedua pada bunga.


Kesimpulanya 
Pembuahan Tunggal:Terjadi pada tumb.Gymnospermae,yang mana hanya terjadi satu kali pembuahan. 
antara ovum(n) dan sperma(n) 

Pembuahan Ganda :Terjadi pada tumbuhan Angiospermae,yang mana terjadi dua kali pembuahan: 
1.Sel sperma I(n) dengan Ovum(n) menghasil Zigot(2n) 
2.Sel sperma II(n) dengan Inti Kandung Lembaga Sekunder(2n) menghasilkan Endosperm(3n) Endosperm sebagai cadangan makanan bagi embryo.

Semoga membantu :) D