Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-11T17:45:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. annelida atau cacing gelang adalah kelompok cacing dgn tubuh bersegmen. annelida merupakan triploblastik selomata.
2.Ciri-ciri annelida Hewan triploblastik, selomata (sudah terdapat selom sejati).Tubuh bersegmen (disebut metameri) memiliki sistem saraf, pencernaan, reproduksi dan sistem ekskresi.Tiap segmen tubuhnya dibatasi oleh sekat yang disebut septa.Organ-organ ekskresi terdiri atas nefridia (saluran), nefrostom (corong) dan nefrotor (pori tempat keluarnya kotoran).Memiliki sistem peredaran darah tertutup dan sistem saraf tangga tali.Berkembang biak secara kawin melalui fertilisasi dan secara tak kawin melalui proses fragmentasi.Meskipun termasuk hewan hermafrodit (berkela-min ganda), proses pembuahan tetap harus dilakukan oleh dua individu dengan saling memberikan sperma yang disimpan di dalam reseptakulum seminalis
3.Filum annelida diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yaitu:
Polychaeta. Pada tubuh cacing ini dijumpai banyak rambut dan tiap segmen tubuhnya dilengkapi dengan parapodia (semacam kaki yang terdapat pada sisi kanan dan kiri tubuhnya). Contoh: Nereis virens, Eunice viridis (cacing wawo), dan Lysidice oele (cacing palolo).Oligochaeta. Cacing ini memiliki rambut yang sedikit, tidak memiliki mata dan parapodia. Hidup di darat atau perairan tawar dan bersifat hemaprodit (memiliki ovarium dan tes-tis). Contoh: cacing tanah (Pheretima, Lumbricus terrestris).Hirudinea. Anggota cacing ini tidak memiliki rambut, parapodia. dan septa. Termasuk cacing penghisap darah. Contoh: lintah (Hirudo medicinalis), pacet (Haemadipsa javanica).
4. kelas oligochatea dapat menggemburkan tanah


1 5 1