Jelaskan perbedaan antara mobilitas permanen dan mobilitas nonpermanen

2
-Mobilitas/Migrasi permanen ialah bentuk mobilitas yang bertujuan untuk menetap di suatu wilayah.

-Mobilitas nonpermanen ialah mobilitas yang bersifat sementara, yang tidak bertujuan untuk menetap. Mobilitas nonpermanen dibedakan menjadi sirkulasi dan komutasi.
Sirkulasi adalah bentuk mobilitas nonpermanen yang tinggal atau menginap di tempat tujuan.
Komutasi adalah bentuk mobilitas nonpermanen yang tidak nginap di tempat tujuan atau pulang pada hari yang sama.

Jawabanmu

2014-03-11T15:04:10+07:00
Mobilitas permanen=perpindahan pnduduk yg bertujuan utk mnetap. mobilitas nonpermanen=perpundahan pnduduk yg tk bertujuan mnetap atau semntara saja.
14 3 14
2014-03-11T15:05:04+07:00
Jadikan jawaban terbaik yaa

Mobilitas permanen atau migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dengan maksud untuk menetap di daerah tujuan. Mobilitas permanen secara garis besar dapat dibagi menjadi dua, yaitumigrasi internasional dam migrasi dalam negeri.
Mobilitas Nonpermanen merupakan gerakan penduduk dari satu wilayah satu ke wilayah lain dengan tidak ada niat untuk menetap di daerah tujuan. Mobilitas nonpermanen disebut juga dengan sirkulasi. Dan beberapa hasil penelitian mobilitas penduduk yang dilakukan di Jawa oleh suharso(1976). Hugo (1975), Koenjaraningrat (1957), dan Matras (1978), ditemukan bahwa mobilitas penduduk nonpermanen lebih banyak terjadi daripada mobilitas penduduk permanen. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas penduduk sirkuler lebih banyak terjadi daripada mobilitas permanen. Hal ini disebabkan, antara lain faktor sentrifugal dan sentripetal; perbaikan darana transportasi serta kesempatan kerja di sektor informal lebih besar dibanding sekitar formal.

6 4 6