Jawabanmu

2014-01-10T20:16:10+07:00
Perbedaannya yang pertama adalah di bagian bentuk atau strukturnya di mana ringkasan beberapa kalimat-kalimat yang dipisah dengan angka-angka atau butir-butir di mana setiap kalimat dalam satu butir atau angka tersebut memiliki satu ide pokok atau mengandung satu intisari yang jelas. Sedangkan rangkuman kalimat-kalimat tersebut telah disusun rapi dan tidak terpisah satu dengan yang lainnya di mana membentuk beberapa paragraf dan setiap paragraf memiliki satu ide pokok/pemikiran.Kemudian yang kedua dilihat dari ada tidaknya pendapat dari penulis. Di mana ringkasan tidak memiliki pendapat para peringkas suatu buku dan sebagainya. Jadi, ringkasan itu benar-benar murni diambil dari sesuatu yang diringkas itu sendiri dengan hanya mengambil pokok-pokok pentingnya saja dan mengabaikan bentuk maupun isinya. Biasanya ringkasan ini paling tepat digunakan pada saat wawancara. Lalu rangkuman memiliki pendapat dari penulis terhadap sesuatu yang ia rangkum. Jadi, rangkuman memang benar-benar disusun secara runtut dan jelas.Jadi, intinya ringkasan merupakan bagian dari rangkuman yang belum disusun.
Rangkuman Adalah ekstrak dari suatu tulisan, berita atau sesuatu pembahasan, sehingga bisa menyimpulkan dengan singkat suatu tulisan, berita atau pembahasan tersebut.
Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif.
2014-01-10T20:16:15+07:00
Ringkasan merupakan sekumpulan berbagai informasi untuk mempermudah pemahaman. Ringkasan memiliki banyak pengertian, diantaranya ringkasan (Precis yang berarti memotong atau memangkas) adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk singkat. 
Rangkuman adalah hasil dari kegiatan merangkum atau suatu hasil dari kegiatan meringkas suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proposional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya.