Seorang pedagang membeli 24kg jeruk seharga Rp. 150.000 setengahnya ia jual dengan harga Rp.9000/kg sepertiganya ia jual dengan harga Rp. 7.500/kg dan sisanya dijual kembali dengan harga Rp. 6.000/kg dengan cara(:

2
saran, 1/3 itu kan 1/3 dari 1/2 kan?
Kalo 1/3 dari 1/2 terus sisanya gimana ya ?
kan gini 1/2 nya itu kan 12 (1/2x24) terus kalau 1/3 dari nya tadi kita kali dengan hasil setengah tadi(12x1/3=4). jadi, kalau nyari sisa kita kurangkan saja jumlah yang diketahui sama jumlah belinya ( 24-(12+4)=24-16= 8 ) jadi hasil dari sisanya 8 buah.
Oh.. iya
sipp. Makasih
sama-sama :)

Jawabanmu

2014-03-10T15:54:29+07:00
1/2x 24 = 12 
12x 9000 = 108000
1/3x24=8
8x7500=60000
1/6x24=4
4x6000=24000
harga keseluruhan = 108000+60000+24000=192000
untung =
192000-150000=42000
Jawaban paling cerdas!
2014-03-10T15:54:54+07:00
Harga beli 1 buah= Rp150.000,00/24
= Rp6. 250,00
harga jual pertama = 12xRp9.000,00 = Rp108.000,00
harga jual kedua = 4xRp7.500,00 = Rp.30.000,00
harga jual ketiga = 8xRp6.000,00 = Rp. 48.000,00
jumlah harga jual = Rp186.000,00
1 5 1