Jawabanmu

2014-03-10T15:13:55+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-03-10T15:30:39+07:00
AC/EC = CD/CB
CD = AC × CB/ EC..............(i)
EC = AC × CB/ CD..............(ii)

DI PIHAK LAIN, KITA MEMPEROLEH
 LUAS Δ ABC = 1/2 × AB × CD
                   L = 1/2 × AB × CD
                2 L = AB × CD
                CD = 2L/AB................(iii)
DENGAN MENYUBSTITUSIKAN PERSAMAAN (iii) KE PERSAMAAN (ii), KITA PEROLEH
EC = AC × CB/2L/AB
2r = AC ×CB × AB/ 2L............(KARENA EC = D = 2r
r = b × a × c/ 4L  ATAU r = a × b × c/4L

DARI URAIAN DI ATAS DAPAT DISIMPULKAN BAHWA RUMUS PANJANG JARI JARI LINGKARAN LUAR SEGITIGA ADALAH
⇒ r = abc/4L ATAU r = abc/4√s ( s - a )( s - b )( s - c )

DENGAN 
r = JARI JARI LINGKARAN LUAR Δ ABC
a, b, c = pANJANG SISI Δ ABC
L = LUAS Δ ABC
s = 1/2 KELILING Δ

apakah ada gambarnya, saya masih bingung