membuka diskusi, menjelaskan topik diskusi, mengatur jalannya diskusi, memperkenalkan nama" kelompok dalam diskusi, menutup diskusi, menyimpulkan hasil diskusi

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-10T14:00:12+07:00
Jadikan jawaban terbaik yaa

nihh aku kasih lebih dari 4
Membuka acara/forum/diskusi/rapat sehingga seluruh peserta memahami makna dan tujuannya.
Memperkenalkan nara sumber atau tim yang terlibat dalam diskusi
Memberikan informasi mengenai topik dan tujuan diskusi
Memberikan kesempatan terhadap nara sumber untuk menyampaikan topik bahasanMempersilakan peserta menyampaikan pendapat atau bertanya jawab
Memastikan tidak ada kegaduhan dalam forum tersebut
Mencegah konflik atau kegaduhan antar peserta
Berlaku adil dalam memberikan kesempatan menyampaikan informasi kepada peserta atau nara sumber.Menjaga suasana tenang dan kondusif
Mencairkan suasana jika sudah mulai panas
Menyanggah dan memotong pembicaraan peserta apabila telah menyimpang dari kaidah dan tema diskusi. Termasuk jika telah mengandung unsur SARA.Kreatif dan aktif memberikan ide atau pendapat lain serta mempersiapkan pertanyaan untuk nara sumber atau peserta
Dalam beberapa kasus seorang moderator harus mengambil keputusan dalam diskusi.
Memberikan penutup dalam forum diskusi tersebut

1 5 1
2014-03-10T14:05:07+07:00
1. Mengawal dan Mengawasi jalannya lalulintas posting di forum yang menjadi tanggung jawabnya agar berjalan sesuai dengan topiknya. 

2. Seorang Moderator hanya menjadi Moderator di forum yang menjadi tanggung jawabnya saja sedangkan di forum lainnya dia adalah member biasa. 

3. Moderator harus dapat menciptakan ide atau topik baru agar forum yang menjadi tanggung jawabnya menjadi lebih hidup dan dinamis. 

4. Memberi penjelasan dan bimbingan terhadap new member yang belum familiar dengan forum 
1 3 1