Jawabanmu

2014-03-10T13:35:33+07:00
Arteri dan vena adalah bagian dari sistem peredaran darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.Sementara sama-sama bertugas membawa darah, keduanya memiliki karakteristik yang berlainan.Arteri dan vena terbuat dari jaringan yang berbeda, dengan masing-masing memiliki fungsi khusus yang berbeda pula.Perbedaan paling utama diantara keduanya adalah arteri bertugas membawa darah dari jantung, sedangkan vena berfungsi membawa darah dari berbagai bagian tubuh ke jantung.Kebanyakan arteri membawa darah beroksigen sedangkan vena membawa darah miskin oksigen dengan arteri dan vena pulmonalis (paru-paru) adalah pengecualian untuk aturan ini.Jaringan arteri dirancang khusus sehingga mampu mengirim darah dengan cepat dan efisien.Lapisan luar arteri terbuat dari jaringan ikat yang kuat. Jaringan ini berkontraksi diantara detak jantung sehingga kita bisa merasakan kontraksi otot arteri yang seakan mengikuti detak jantung.
2014-03-10T13:35:41+07:00
Pada pembuluh arteri, fungsi dari pembuluh arteri adalah mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Hal ini tentu berkebalikan dengan pembuluh vena yang mana memiliki fungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh menuju jantung. Sementara perbedaan lainnya terdapat pada muatan darah yang dibawa oleh kedua pembuluh darah tersebut. 

Pada pembuluh darah arteri, darah yang dibawa dan dialirkan ke seluruh tubuh merupakan darah yang kaya  oksigen. Sedangkan pada pembuluh vena, darah yang dibawa dan dialirkan ke jantung merupakan darah yang miskin oksigen dan lebih banyak  kandungan karbon dioksida.  perbedaan dari kedua pembuluh darah baik arteri maupun vena tersebut nampak pada dinding pembuluh darahnya. Pembuluh darah arteri cenderung memiliki dinding yang elastis dan lebih tebal, sementara pembuluh darah vena memiliki dinding yang tidak elastis dan tipis.

 perbedaan lainnya terletak pada lapisan yang berada di dalam pembuluh darah tersebut. Pembuluh darah arteri memiliki tiga lapisan yaitu lapisan dalam, tengah, dan luar dimana lapisan dalam tersebut terdiri atas Endothelium. Sementara itu lapisan tengah pembuluh arteri terdiri atas otot polos yang tersusun dengan serat elastis. Pada bagian yang luar, pembuluh arteri terdiri atas susunan jaringan ikat dengan serat elastis.