Jawabanmu

2014-03-09T17:30:26+07:00
Bentuk air hujan yang sering di gambarkan dalam animasi adalah berbentuk seperti tetesan air mata dengan bagian bawah berbentuk bulat dan runcing pada bagian atas, ternyata bentuk seperti itu adalah salah karena bentuk tetes hujan yang sesungguhnya adalah berbentuk bola dan berbentuk roti hamburger (tergantung ukuran tetes air). Untuk lebih jelasnya, seperti di bawah ini.
a) Tetes hujan yang berukuran (diameter) sekitar 1 mm akan berbentuk bola, Tetes air berbentuk bola karena molekul air cenderung tarik-menarik dan membentuk tegangan permukaan air (pada permukaan tetes air). Jadi, jika tidak dibatasi oleh wadah dan tidak ada gaya lain yang mempengaruhi, maka tetes air yang sangat kecil adalah sempurna bulat seperti bola . bola adalah bentuk geometris yangmemiliki luas permukaan terkecil pada suatu volume. Tetes hujan yang jatuh dari awan dengan diameter sekitar 1 mampu mempertahankan bentuk bulat karena gaya gesekan di udara kecil.
b) Tetes hujan yang berukuran sekitar 2 mm, penurunan hujan masih dipengaruhi oleh tegangan air tetapi mulai terpengaruh oleh hambatan angin. Akibatnya, bagian bawah menjadi sedikit merata.
c) Tetes hujan dengan diameter 3 mm akan berbentuk roti hamburger (bagian bawah rata dan bagian atas pipih), hal ini di akibatkan karena adanya interaksi antara tegangan permukaan air bagian bawah dengan gaya gesekan di udara.
d) Tetes hujan dengan diameter 4mm, penurunan tetes hujan mulai terlihat seperti akan terbelah dua.
e) Pada diameter sekitar 4.5mm, ketegangan air di atas telah terpengaruh oleh hambatan angin. Tetes hujan membentuk kanopi besar (hampir seperti parasut) dan terbagi menjadi dua atau lebih tetes hujan kecil.

Selama terjadi hujan, air hujan ini bisa pecah dan bergabungkan kembali ke tetes besar di tingkat cepat. terkadang jika hujan dapat sebagian beku (misalnya; hujan es), ukuran dapat sedikit lebih besar dan bentuknya lebih tidak beraturan.
Pecahnya tetes hujan ukuran besar menjadi tetes hujan kecil juga menjawab pertanyaan mengapa hujan turun berupa tetesan bukan air dengan volume besar yang "Tumpah" dari Langit.
1 1 1