Jawabanmu

2014-03-09T12:15:51+07:00
Proses pemantulan bunyi mirip dengan proses pemantulan cahaya. Lebih sederhana lagi, seperti pemantulan bola ketika mengenai dinding atau lantai.Pemantulan bunyi terjadi ketika bunyi mengenai dinding atau permukaan yang keras.

Berdasarkan tempat terjadinya pemantulan, terdapat tiga macam bunyi pantul, yaitu:
a. Bunyi Pantul yang Memperkuat Bunyi Asli
Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli terjadi jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul berdekatan. Hal inilah yang menyebabkan suara seseorang di dalam ruangan kecil terdengar lebih jelas.

b. Gaung atau Kerdam
Gaung adalah bunyi yang diperoleh dari hasil pemantulan oleh sumber bunyi yang jaraknya dengan dinding pemantul agak jauh sehingga sebagian dari bunyi pantul terdengar bersamaan dengan bunyi asli yang lain dan menyebabkan bunyi terdengar tidak jelas.
Misal:
Bunyi asli : ma – kan – be – ling
Pantul : …… ma – kan – be – ling
Terdengar : ma ………………… ling

Untuk meredam terjadinya gaung pada tempat-tempat seperti bioskop, tempat hiburan, gedung pertemuan, studio musik, dan sebagainya, maka dipasangkan lapisan peredam bunyi pada dinding-dinding ruangan tersebut. Lapisan peredam ini biasanya terbuat dari bahan karton, gabus, wol, dan busa karet, yaitu bahan-bahan lunak untuk mengurangi terjadinya pemantulan bunyi.

c. Gema
Gema adalah bunyi yang diperoleh dari pemantulan dimana jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul sangat jauh sehingga keseluruhan bunyi pantul dapat terdengar setelah bunyi asli. Misalnya, bunyi pantul orang yang berteriak di lereng bukit.
13 3 13
2014-03-09T12:17:20+07:00
Pemantulan bunyi dapat terjadi apabila gelombang bunyi mengenai permukaan yang keras seperti dinding, dll. Berdasarkan tempat terjadinya pemantulan terdapat tiga macam bunyi pantul yaitu bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli, gaung atau kerdam, dan gema
5 3 5