Jawabanmu

2014-03-09T10:01:27+07:00
Pada dasarnya ada 2 jenis lembaga pendidikan bagi executive atau executive learning institute, antara lain:
1.     Lembaga yang menawarkan ijasah pendidikan formal2.     Lembaga yang tidak menawarkan ijasah pendidikan formal
Lembaga yang menawarkan ijasah pendidikan formal adalah lembaga berupa universitas-universitas dan sertifikasi tertentu.Keuntungannya antara lain adalah adanya sertifikat pendidikan / sertifikasi tertentu yang diakui oleh masyarakat tertentu atau dunia mengenai pendidikan yang ditempuh oleh seorang executive di dalam perusahaan. Dengan adanya sertifikat tersebut tentu akan semakin meningkatkan kredibilitas dan kemampuan serta ketrampilan dari individu tersebut. Sertifikasi tersebut baik ijasah maupun sertifikasi tertentu lainnya bisa dijadikan standar dalam mencapai posisi tertentu, misalnya untuk posisi seorang direktur harus S2 atau mengambil sertifikasi tertentu.Tetapi tentu dengan ada juga kerugian-kerugian belajar dengan pendidikan formal, antara lain: biasanya jangka waktu pembelajaran yang cukup panjang lebih dari 6 bulan pada umumnya. Namun untuk sertifikasi tertentu bisa saja langsung mengikuti sebuah test tertentu apabila orang tersebut memang sudah berkompeten. Selain itu, biaya yang relatif lebih mahal dibandingkan pendidikan yang tidak menawarkan ijasah pendidikan formal. 


Untuk lembaga-lembaga executive learning institute yang tidak menawarkan ijasah pendidikan formal, tentu juga kelebihan dan kekurangan tersendiri.Kelebihan-kelebihannya antara lain tentu saja jangka waktu pembelajaran yang lebih cepat. Selain itu, biaya yang lebih murah dan lebih efektif bagi sekelompok orang. Biasanya sebuah lembaga pendidikan seperti ini menawarkan paket-paket per sekelompok orang dalam jumlah tertentu. Selain itu waktu di bebera lembaga, waktu pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi. Dan yang paling utama adalah materi pembelajaran bisa juga disesuaikan dengan permasalahan yang ada di perusahaan atau memang hal-hal yang ingin dikembangkan dari karyawan perusahaan tersebut.
Untuk memilih yang terbaik antara lembaga yang menawarkan ijasah pendidikan formal atau tidak kembali lagi kepada kebijakan dan keadaan perusahaan itu sendiri. Jika perusahaan Anda memang perusahaan yang ingin men-training banyak orang sekaligus, maka lembaga pendidikan yang tidak menawarkan ijasah tentu adalah solusinya, berbeda dengan perusahaan yang hanya ingin memberikan kesempatan kepada orang-orang tertentu saja.Sesuaikanlah juga budget perusahaan.
1 5 1