1) harga 1 eksemplar buku matematika Rp 45000, terjual 8000 eksemplar. Honorarium penulis 10% dan pajak penulis 15%. Berapa honorarium yang diterima penulis setelah dipotong pajak?

2) pak anang memperoleh gaji sebulan 1.800.000 dengan penghasilan tidak kena pajak Rp 600.000. Jika besar pajak penghasilan 15% , berapa gaji yang diterima pak anang?

2
Tolong kasih caranya yang detail ya,,,,,

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-09T06:26:20+07:00
2.
besar gaji=Rp 1.800.000
penghasilan tidak kena pajak=Rp 600.000
pajak penghasilan=15%
besar penghasilan kena pajak
=Rp 1.800.000  - Rp 600.000
=Rp 1.200.000
Besar pajak penghasilan  =15% x penghasilan kena pajak
                                      =15 x Rp 1.200.000
                                       100
                                     =Rp 180.000
gaji yg diterima=Rp 1.800.000 - Rp 180.000
                      =Rp 1.620.000
jadi,besar gaji yg diterima pak anang per bulan adalah Rp 1.620.000
                                    
1 5 1
2014-03-09T07:45:05+07:00
2.
besar gaji=Rp 1.800.000
penghasilan tidak kena pajak=Rp 600.000
pajak penghasilan=15%
besar penghasilan kena pajak
=Rp 1.800.000  - Rp 600.000
=Rp 1.200.000
Besar pajak penghasilan  =15% x penghasilan kena pajak
                                      =15 x Rp 1.200.000
                                       100
                                     =Rp 180.000
gaji yg diterima=Rp 1.800.000 - Rp 180.000
                      =Rp 1.620.000
jadi,besar gaji yg diterima pak anang per bulan adalah Rp 1.620.000
                                    

kok jawabannya sama? pengen dapat poin aja ya,,,,