Jawabanmu

2014-03-08T15:58:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dasar teori
Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan, agar tercapai tujuan seperti yang telah kita tentukan dan harapkan

Soal
Kaitakan gejala KEMISKINAN dengan metode sosiologi (KUALITATIF atau KUANTITATIF)

Pembahasan
1. Metode Kualitatif
Metode ini mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Metode ini dipakai apabila data hasil penelitian tidak dapat diukur dengan angka atau dengan ukuran lain yang bersifat eksak. Istilah penelitian kualitatif dimaksudkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Contohnya penelitian tentang kehidupan, riwayat, dan perilaku seseorang, di samping juga tentang peranan organisasi, pergerakan sosial, atau hubungan timbal balik. Sebagian datanya dapat dihitung sebagaimana data sensus, namun analisisnya bersifat kualitatif.

2. Metode Kuantitatif
Metode ini digunakan dalam penelitian yang analisis datanya mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode ini adalah survei dan eksperimen. Gejala yang diteliti diukur dengan skala, indeks, tabel, atau formula-formula tertentu yang cenderung menggunakan uji statistik.

Jadi Metode kuantitatif umumnya memiliki sifat: 
1. Mengukur tingkat kejadian 
2. Menghitung besaran/berapa banyak 
3. Membuktikan sesuatu (apakah ada hubungan, ada pengaruh, berapa resikonya, mana faktor yang dominan) 
4. Memprediksikan sesuatu variabel berdasarkan variabel lain 
5. Tindakan atau eksperimen 
6. Membuktikan suatu hipotesa 
Pada penelitian kuantitatif banyak menggunakan hitungan, tabel, statistik dengan kaidah2 tertentu. tehnik pengumpulan data dengan quesioner 

Metode kualitatif secara umum sifatnya: 
1. Menggali informasi secara mendalam 
2. Menjawab pertanyaan mengapa 
3. Mengetahui tentang motivasi, persepsi, perilaku, sikap dan kepercayaan 
4. Memungkinkan untuk mendapatkan hal2 yang tersirat 
5. Mendapatkan suatu hipotesa 
tehnik yang digunakan berupa wawancara mendalam, fokus group discussion dan observasi

jadi kesimpulanya
kaitakan gejala kemiskinan dengan metode sosiologi Metode kualitatif 

Semoga membantu :) D