2 buah muatan sejenis
dipisahkan pada jarak 10 cm.Sebuah benda bermuatan diletakkan diantara kedua
muatan tersebut. Agar besar gaya listrik pada sebuah benda tersebut
nol,Dimanakah benda bermuatan itu harus diletakkan ? Jawab beserta pembahasan
dan penyelesaian .Jangan jawab jika tidak berhubungan dengan Jawaban dan Jangan
jawab jika tidak tau !~Thanks

1

Jawabanmu

2014-03-08T14:42:56+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Difinisi 
Hukum  Coulomb  :"besarnya gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik (yang kemudian disebut gaya Coulomb) berbanding lurus dengan muatan masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut."

Soal
2 buah muatan sejenisdipisahkan pada jarak 10 cm.Sebuah benda bermuatan diletakkan diantara keduamuatan tersebut. Agar besar gaya listrik pada sebuah benda tersebut nol, Dimanakah benda bermuatan itu harus diletakkan ?

Pembahasan
Pada partikel yang berbeda muatanya partikel tersebut saling tarik menarik. kedua partikel tersebut memiliki jarak sehingga dapat mempengaruhi besar gaya coulomb yang dihasilkan.

Jika partikel sejenis maka terjadi tolak-menolak antar kedua muatan tersebut. Kedua muatan terpisah dengan jarak r. Semakin besar jarak antara kedua partikel tersebut maka semakin kecil gaya Coulombnya. Sehingga jarak kedua partikel menjadi berbanding terbalik dengan F ( gaya Coulomb).Gaya Coulomb sebanding dengan kedua muatannya.

Dik Dua muatan Coulomb sejenis berarti tolak menolak
      r = 10 cm
Dit besar gaya listrik pada sebuah benda tersebut nol . . . ?
jawab
rumus
F = r \frac{q1^. q2}{r^2} = 0

karena q1 dan q2 sejenis dan k tetapan maka saat benda itu = 0 yaitu
1/2 . 10 = 5 cm di tengah tengah muatan

Jadi kesimpulanya besar gaya listrik pada sebuah benda tersebut nol berjarak 5 cm  diletakan di tengah - tengah kedua muatan.

Contoh soal bisa lihat di gambar

Semoga membantu :) D jadikan jwb terbaik ya