1. Energi potensial gravitasi, yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena terletak di atas permukaan bumi.
2. Energi potensial elastisitas, ialah energi yang tersimpan pada benda yang sedang di regangkan (misalnya, pada karet katapel dan busur panah) atau di tekan (misalnya, pada per).
3. Energi kimia, ialah energi yang terkandung dalam suatu zat.
4, Energi listrik, ialah energi yang dimiliki muatan listrik dan arus listrik.

Jawabanmu

2014-03-07T15:31:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Contoh Macam-macam Energi Potensial. Energi potensial adalah konsep yang dapat lebih sederhana dipahami sebagai “energi yang tersimpan.” Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam sistem fisik, biasanya sebagai akibat dari posisi benda. Contoh energi potensial termasuk yang berkaitan dengan gravitasi, elastisitas, kimia, listrik dan energi kalor.Salah satu cara menjelaskan energi adalah bahwa itu selalu jatuh ke dalam salah satu dari dua bentuk: potensial dan kinetik. Beberapa ilmuwan menolak penjelasan ini terlalu disederhanakan atau buatan, tetapi berguna untuk menjelaskan beberapa prinsip umum. Energi kinetik adalah yang terkait dengan gerakan. Energi potensial yang tersimpan dalam sebuah benda diam. Memahami hal ini dapat menjelaskan bagaimana energi terus ada bahkan ketika efek yang tidak dapat dilihat.
Salah satu contoh energi potensial mudah untuk dipagami adalah energi potensial elastis. Hal ini dapat diilustrasikan dengan menggambar kembali busur. Karena bentuk dari tali busur secara sementara berubah bentuk, ketika dilepaskan itu akan mencoba untuk kembali ke bentuk aslinya, sehingga menghasilkan energi yang mendorong panah. Sampai busur dilepaskan, energi ini ada sebagai energi potensial elastis.Contoh Lain yang umum energi potensial adalah energi gravitasi. Sebuah benda jatuh akan mempercepat berkat energi kinetik. Ketika benda menyentuh tanah, jumlah ini sama dengan energi yang akan dilepaskan sebagai panas dan suara dalam tumbukan. Namun, sebelum benda jatuh, jumlah energi ini disimpan sebagai energi potensial.Jumlah energi gravitasi akan tergantung pada baik massa benda dan tinggi di mana ia sedang diam. Jika Anda memindahkan buku dari salah satu rak ke rak yang lebih tinggi, energi potensial buku akan meningkat. Ini mungkin tampak membingungkan bahwa buku yang sama dapat meningkatkan energi potensialnya tanpa perubahan fisik. Namun, peningkatan energi potensial akan datang dari dan sama dengan energi yang Anda habiskan dalam mengangkat buku semakin tinggi.Energi potensial kimia ada dalam cara atom atau molekul terbentuk. Energi ini kemudian dilepaskan dan diubah ketika zat yang terlibat dalam reaksi kimia. Misalnya, ketika bahan bakar dibakar, energi potensial kimia diubah menjadi panas.Energi potensial listrik datang dalam beberapa bentuk. Sebuah benda bermuatan listrik saat diam memiliki energi potensial yang berhubungan dengan benda-benda lain di dekatnya yang juga bermuatan listrik. Sebuah variasi ini adalah untuk benda bermuatan yang tidak pada saat diam, dalam situasi ini ada potensi energi magnetik. Dari semua contoh energi potensial, mungkin yang paling spektakuler adalah melalui partikel bermuatan listrik dalam inti atom, yang memegang energi potensial nuklir.
5 4 5
Jawaban paling cerdas!
2014-03-07T15:32:37+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Energi Potensial Gravitasi, yaitu energi yang dimiliki benda karena terletak di atas permukaan bumi.

2. Energi Potensial Elastisitas, ialah energi yang tersimpan pada benda yang sedang diregangkan.

3. Energi Kimia, adalah energi yang terkandung dalam suatu zat.

4. Energi Listrik, ialah energi yang dimiliki muatan listrik dan arus listrik.
12 4 12