Ideologi Tertutup
1.Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat.
2.Bukan berupa nilai dan cita-cita.
3.Kepercayaan dan kesetiaan ideologis yang kaku.
4.Terdiri atas tuntutan konkret dan operasional yang diajukan secara mutlak.
- Ideologi Terbuka
1.Merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat.
2.Berupa nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri.
3.Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat.
4.Bersifat dinamis dan reformis.
5.Ciri khas ideologi terbuka adalah cita-cita dasar yang ingin diwujudkan masyarakat bukan berasal dar luar masyarakat atau dipaksakan dari elit penguasa tertentu.

Jawabanmu

2014-01-09T21:03:54+07:00
Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak. Ideologi macam ini memiliki ciri:  Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan cita-cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat.

Sedangkan ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan. Ideologi macam ini memiliki ciri: Merupakan kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakat (falsafah). Jadi, bukan keyakinan ideologis sekelompok orang melainkan kesepakatan masyarakat.

2014-01-09T21:07:43+07:00
Ideologi Terbuka Merupakan cita-cita yang hidup dalam masyarakat.Berupa nilai-nilai/cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri.Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat.Bersifat dinamis dan reformis.Ciri khas ideologi terbuka adalah cita-cita dasar yang ingin diwujudkan masyarakat bukan berasal dar luar masyarakat atau dipaksakan dari elit penguasa tertentu.Terbuka kepada perubahan-perubahan yang datang dari luar, tetapi memiliki kebebasan dan integritas untuk menentukan manakah nilai-nilai dari luar yang mempengaruhi dan mengubah nilai-nilai dasar yang selama ini sudah ada dan manakah yang tidak boleh berubah. - Ideologi Tertutup Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat.Bukan berupa nilai dan cita-cita.Kepercayaan dan kesetiaan ideologis yang kaku.Terdiri atas tuntutan konkret dan operasional yang diajukan secara mutlak.