Diketahui harga 1 kg buah anggur adalah 3 kali harga 1 kg buah duku.jika tono membeli 2 kg buah anggur dan 5 kg buah duku ia harus membayar rp.38500
a) berapakah harga 1 kg buah anggur dan 1 kg buah duku?
b)jika ia ingin membeli 4 kg buah anggur dan 5 kg buah duku, berapa yang harus dibayarnya?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-06T21:24:37+07:00
1a = 3d
2a + 5d = 38.500

1) 1a = 3d
   2a = 2 x 3d
        = 6d

   6d + 5d = 38.500
   11d       = 38.500
   d          =  \frac{38.500}{11}
   d          = 3.500

  1a = 3d
  a   = 3 x 3.500
  a   = 10.500

  1 kg anggur = 10.500
  1 kg duku   = 3.500

2)  4a + 5d = ( 4 x 10.500 ) + ( 5 x 3500 )
                 =       42.000    +   17.500
                =                 59.500
1 5 1
2014-03-06T21:28:06+07:00
Aku kasih kunci awalnya aja ya :)

misal anggur = a
         duku=d

1a=3d

ia membeli 2 anggur dan 5 duku

2a+5d=38.500
2(3d)=5d+38.500
6d+5d+38.500
11d=38500
d=38.500 bagi 11
d=3.500

a. tadi duku sudah diketahui = 3.500 per buah
maka anggir= 3 kali duku
= 3 kali 3.500
10.5000

b.nah itu cari sendiri ya, soalnya capek ngetiknya :)