Jawabanmu

2014-03-06T21:04:59+07:00
Munkin /dan semoga bner,,.yah
Sejak abad 16, Indonesia bangsa" eropa seperti bangsa Portugis, Spayol, Belanda, dan Inggris. dalam perkembangannya mereka tidak hanya ingin berdagang tetapi juga ingin menguasai indonesia. sejak itu terjadi perjuangan utk mengusir penjajah yg seperti dilakukan oleh Sultan ageng tirtayasa, Sultang agung, Sultan hasanudin, dll. walaupun dlm waktu yg lama Belanda dpt menaklukkan Indonesia.

Sejak tahun 1908, bangsa Indonesia melalui organisasi yg teratur yg brcita-cita nasional yg mempuyai tujuan kemerdekaan nusa dan bangsa. ciri-ciri pergerakan nasional : bersifat kebangsaan nasional.menggunakan sistem organisasi modern dan demokratis. tidak tergantung pd pemimpin.didirikan oleh kaum terpelajar.bentuk perjuangan tidak bersifat fisik, tetapi berupa gerak sosial,ekonomi, dan pendidikan. Tiga faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional Indonesia :
PENDIDIKANDISKRIMINASI PENGARUH PAHAM BARU Menurut toynbee, reaksi bangsa Asia terhadap kolonisme dan Imperalisme ada 2 macam, yaitu:
a. Zelotisme: sikap menutup rapat" terhadap pengaruh barat.
b. Herodianisme: sikap membuka lebar" terhadap pengaruh barat utk mengatur setrategi dan kekuatan yg dijadikan alat memukul imperalisme Barat.
8 3 8
2014-03-06T21:05:13+07:00
A. Seluruh Nusantara telah menjadi kesatuan politik, hukum, pemerintahan, dan berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda. Ironisnya adalah eksploitasi Barat itu justru mampu menyatukan rakyat menjadi senasib sependeritaan. b. Munculnya kelompok intelektual sebagai dampak sistem pendidikan Barat. Kelompok inilah yang mampu mempelajari beragam konsep Barat untuk dijadikan ideologi dan dasar gerakan dalam melawan kolonialisme Barat. c. Beberapa tokoh pergerakan mampu memanfaatkan kenangan kejayaan masa lalu (Sriwijaya, Majapahit, dan Mataram) untuk dijadikan motivasi dalam bergerak dan meningkatkan rasa percaya diri rakyat di dalam berjuang menghadapi kolonialisme Barat.
3 5 3