1. Dua buah lingkaran panjang jari-jarinya 3 cm dan 5 cm. Panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran tersebut 15 cm. Berapa jarak kedua titik pusat lingkaran?

2. Ditentukan dua lingkaran dengan jarak kedua titik pusatnya 15 cm dan panjang garis singgung persekutuan dalam 12 cm. Jika panjang jari-jari lingkaran yang besar 4 cm, tentukan jari-jari lingkaran yang lainnya!

3. Apakah dua buah lingkaran selalu mempunyai garis singgung persekutuan dalam? Jelaskan!

2

Jawabanmu

2014-03-06T21:03:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. PQ^2=AB^2-(r1×r2)^2, AB^2= PQ^2 + (r1+r2)^2, AB^2 = 15^2 + (3+5)^2, AB^2= 225 + 64, AB^2=289, AB=17 cm. 2. (r1+r2)^2 = AB^2 - PQ^2, (4+r1)^2 = 15^2 - 12^2, (4+r1)^2 = 225-144, (4+r1)^2 = 81, (4+r1) = akar dr 81, r1=9-4, r1=5 cm. 3. tidak selalu, bisa saja punya garis singgung persekutuan luar
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-06T21:11:39+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.AB=1. AB=\sqrt{OP^{2}-(R+r) ^{2}  } 
  \\ 15^2= {OP^2-(5+3) ^{2}}    \\ 225=OP^2 -64 \\ 225+64 =OP^2 \\  \sqrt{289} =OP \\ OP=17cm \\  \\ 2. AB=\sqrt{OP^{2}-(R+r) ^{2}  }  \\ (R+r)^2=OP^2-AB^2 \\ (R+r)^2=225-144 \\ (R+r)= \sqrt{81}  \\ (R+r)=9 \\ (4+r)=9 \\ r=9-4 \\ r=5 cm
   

3. Tidak selalu prsekutuan dalam, bisa saja soalnya pesekutuan luar
1 5 1