Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-06T20:04:25+07:00
Pulau Rakata, yang merupakan satu dari tiga pulau sisa Gunung Krakatau Purba kemudian tumbuh sesuai dengan dorongan vulkanik dari dalam perut bumi yang dikenal sebagai Gunung Krakatau (atau Gunung Rakata) yang terbuat dari batuan basaltik. Kemudian, dua gunung api muncul dari tengah kawah, bernama Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan yang kemudian menyatu dengan Gunung Rakata yang muncul terlebih dahulu. Persatuan ketiga gunung api inilah yang disebut Gunung Krakatau. Gunung Krakatau pernah meletus pada tahun 1680 menghasilkan lava andesitik asam. Lalu pada tahun 1880, Gunung Perbuwatan aktif mengeluarkan lava meskipun tidak meletus. Setelah masa itu, tidak ada lagi aktivitas vulkanis di Krakatau hingga 20 Mei 1883. Pada hari itu, setelah 200 tahun tertidur, terjadi ledakan kecil pada Gunung Krakatau. Itulah tanda-tanda awal bakal terjadinya letusan dahsyat di Selat Sunda. Ledakan kecil ini kemudian disusul dengan letusan-letusan kecil yang puncaknya terjadi pada 26-27 Agustus 1883.
3 3 3
2014-03-06T20:18:29+07:00
Krakatau Purba
Ledakan Krakatau Purba menyebabkan terbentuknya tiga pulau yaitu
-Pulai Rakata
-Pulau Panjang
-Pulau Sertung

Terbentuknya Gunung Krakatau
Pulau Rakata Tumbuh sesuai dengan dorongan vulkanik dari dalam perut bumi yang dikenal dengan Nama Gunung Krakatau. Kemudian 2 gunung muncul dari tengah kawah bernama Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan yang kemudian menyatu menjadi gunung krakatau

Erupsi Gunung Krakatau
Pada Senin 27  Agustus 1883 terjadi ledakan gunung tersebut. Suara letusannya terdengan sampai 4600 km dari pusat letusan dan didengar 1/8 penduduk bumi saat itu. Ledakan tersebut membuat 3 gunung tersebut hancur.
Ledakan tersebut juga menyebabkan penduduk Jakarta dan Lampung tidak dapat melihat matahari karena Debu Vulkanisnya


1 4 1