1. Apakah yang dimaksud dengan budaya dan suku bangsa?
2. Apa saja hal yang membedakan suku bangsa yang satu dan suku bangsa lainnya?3. Perbedaan apa saja yang ada pada masyarakat Indonesia di berbagai daerah?
4. Mengapa terjadi begitu banyak keragaman sosial budaya di Indonesia? Berikanlah penjelasan tentang hal tersebut!
5. Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman kebudayaan di Indonesia?
6. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional Indonesia. Mengapa kebudayaan daerah disebut akar dari kebudayaan nasional?
7. Terjalinnya hubungan dengan negara-negara lain menyebabkan masuknya kebudayaan asing ke Indonesia. Bagaimana sikapmu terhadap hal tersebut?
8. Indonesia memiliki keragaman keyakinan dan agama. Sikap apa yang harus ditunjukkan untuk menghargai keragaman ini?
9. Apa pengaruh keragaman budaya terhadap ekonomi dan persatuan bangsa?
10. Bagaimana caranya agar keanekaragaman budaya Indonesia dapat meningkatkan kegiatan perekonomian bangsa Indonesia?

2

Jawabanmu

2014-03-06T19:34:54+07:00
Suku
 Suku adalah bagian dari sesuatu, misalnya:
 1.suku bangsa
 2.suku dinas
 3.suku cadang
 Suku bangsa memiliki struktur sosial yang jelas dan tertata baik sejak dulu kala, khususnya di antara masyarakat Maluku, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, Kepulauan Timor dan Tanah Papua. Dalam pengertian suku bangsa, Suku ialah unit sosial MADAT tertinggi, yang terdiri dari satu atau lebih marga (dalam Bahasa Ambon) dikenal sebagai mataruma). Setiap marga atau mataruma atau fam memiliki minimal satu keluarga .Dalam kasus unik, khususnya di antara bangsa Papua ada contoh di mana satu marga hanya terdiri dari satu keluarga atau satu Suku memiliki satu marga saja.
 Di Sumatera Barat, suku merupakan sebutan untuk bagian-bagian dari suku Minang seperti suku Sikumbang dan lain-lain. Suku dalam pengertian ini setara dengan marga dalam suku Batak atau mataruma dalam Suku Ambon. Adapun di Sumatera Selatan, terdapat berbagai macam suku dari yang suku - suku kecil mapupun suku - suku besar. Di Kabupaten Lahat terdapat suku Besemah, suku Lintang, suku Gumai dan berbagai macam nama suku - suku lainnya. Sama dengan daerah Sumatera Barat, suku dalam pengertian ini setara dengan marga dalam suku Batak. Dalam hal ini kata suku harus dibedakan dengan istilah suku bangsa atau kelompok etnik. Istilah kelompok etnik (ethnic group) juga kurang tepat menggambarkan suatu suku bangsa.

2014-03-06T22:22:26+07:00
1. menurut buku ensiklopedia indonesia suku bangsa adalah kelompok sosial dalam kelompok sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena suatu keturunan , adat , agama ,bahasa , dan sebagainya .                                                 2. adat dan istiadat nya                                                                                                     3. perbedaan agama , perbedaan turunan , perbedaan suku                                                 4. karena diindonesia kaya dengan adat istiadat dan kesenian budaya                                  5. faktor adat dan istiadatnya yang berbeda , faktor pulau yang banyak                                 6. karena budaya adalah salah satu warisan kekayaan indonesia yang harus kitalestarikan    7.sebaiknya kebudayaan asing tersebut kita saring terlebih dahulu dan kita olah menjadi kebudaan lokal                                                                                                                 8. dengan cara tidak pilih" teman yang tidak satu agama dengan kita , dengan cara menghargai orng yang sedang beribadah                                                                            9. pengaruh nya indonesia makin bersatu karena adanya kebudayaan tersbut
10 . dengan cara mengekspor batik ke luar kota atau luar negeri..