Ibu susi menjual 1 gross sendok makan dengan harga Rp 360.000,00 dan menjual 1 lusin sendok makan dengan harga Rp 3.250,00 per buah. jika bulan ini, barang dagangan Ibu Susi laku sebanyak 3 gross, 7 lusin, dan 9 buah sendok sementara modalnya adalah Rp 2000,00 per buah, maka berapa % keuntungan ibu Susi ?

tolong dijelaskan juga ya caranya ;; makasih

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-06T15:50:09+07:00
1 gross = 144 buah
1 lusin = 12 buah

modal keseluruhan = (3 x 144 x Rp 2.000) + (7 x 12 x Rp 2.000) + (9 x Rp 2000)
= Rp 864.000 + Rp 168.000 + Rp 18.000
= Rp 1.050.000

hasil jual = (3 x Rp 360.000) + (7 x 12 x Rp 3.250) + (9 x Rp 3.250)
= Rp 1.080.000 + Rp 273.000 + Rp 29.250
= Rp 1.382.250

Keuntungan = Rp 1.382.250 - Rp 1.050.000
= Rp 332.250

Keuntungan dalam % = Rp 332.250/Rp 1.050.000 x 100%
=31,64%
1 5 1
2014-03-06T15:53:52+07:00
DIK : 1 gross sendok makan dijual dengan harga Rp.360.000
      : 1 lusin sendok makan dijual dengan harga Rp.3.250 per buah
      : 1 gross = 12 lusin = 144 buah
      : 1 lusin = 12 buah
DIT : % keuntungan ?

JWB :
penjualan 3 gross =  3 x Rp.360.000 = Rp. 1.080.000
penjualan 7 lusin = 7 x Rp.36.000 = Rp.252.000
penjualan 9 buah = 9 x Rp. 3.250 = Rp.29.250
total penjualan = Rp.1.361.250

3 gross:3 x 144=432
7 lusin : 7 x 12=  84
9 buah : 9 x 1 =    9
                     ---------- +
                        525

modal per buah = Rp.2.000 ----> 525 x Rp.2.000 = Rp.1.050.000
keuntungan = Rp.1.361.250 - Rp.1.050.000 = 311.250
% keuntungan = Rp.311.250 / Rp.1.050.000 x 100 % = 29,64 %
2 5 2