Jawabanmu

2014-03-06T05:08:33+07:00
Proses terbentuknya benua menurut teori hanyutan benua, yaitu jutaan tahun yang lalu seluruh daratan bergabung menjadi satu dan membentuk satu daratan yang besar (sekarang terpecah menjadi 5 benua).
Alfred Wagener mendalilkan, bahwa semua benua itu pada satu waktu membentuk satu superbenua Pangaea, sebelum kemudian putus dan hanyut ke lokasi sekarang. Jadi benua pada jaman dahulu di ibaratkan sebuah batu apung yang bergerak karena adanya pergerakan lempeng di bagian bawah kulit bumi ini. Pangea mulai memecahkan diri nya menjadi benua (daratan) yang lebih kecil.
2014-03-06T09:29:50+07:00
Benua - benua di atas permukaan bumi selalu bergerak dengan dibawa oleh lempeng kerak bumi yang mengapung perlahan di atas mantel. Pergerakan apungan kerak bumi disebut hanyutan benua. Kerak bumi tidak hanya terdiri dari satu bagian melainkan terdiri dari sejumlah kepingan raksasa yang bergerak perlahan mengelilingi planet ini. Kepingan ini disebut lempeng dan digerakkan oleh arus konveksi yang diciptakan oleh panas dari dalam inti. Panas ini mendorong mantel naik kepermukaan dan dapat juga amblas sehingga menyebabkan lempeng diatasnya terus bergerak.