Jawabanmu

2014-03-05T19:53:34+07:00
Ciri-ciri peninggalan masa perundagian : sebagian besar terbuat dari logam dan batu.
Contoh :
a.    Nekara, yaitu semacam tambur besar dari perunggu yang berpinggang di bagian tengahnya dan sisi atasnya tertutup, dipercayai sebagai bagian bulan yang jatuh dari langit, dan sering digunakan untuk upacara mendatangkan hujan.
b.    Moko, yaitu benda semacam nekara yang lebih ramping yang terdapat di Pulau Alor yang digunakan sebagai benda pusaka atau sebagai mas kawin.
c.    Kapak perunggu, disebut juga kapak sepatu atau kapak corong. Bentuk kapak perunggu berupa pahat, jantung, atau tembilang.
d.    Bejana perunggu, yaitu sebuah benda yang bentuknya mirip gitar Spanyol.
e.    Arca-arca perunggu, dengan bentuk arca orang yang sedang menari, berdiri, naik kuda, atau orang yang sedang memegang panah.
f.    Berbagai macam perhiasan, seperti gelang tangan, gelang kaki, cincin, kalung, dan bandul atau kalung

2 4 2
Jawaban paling cerdas!
2014-03-05T19:55:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Masa Perundagian
Corak kehidupan pada masa perundagian  Manusia terbagi dalam kelompok – kelompok yang memiliki ketrampilan Manusia membangun tempat pemujaan dari batu – batu besar.Peralatan yang digunakan : Kapak perunggu ( kapak corong, kapak sepatu ), nekara, moko, peralatan upacara manik – manik dll.

BIDANG SOSIAL EKONOMI
- telah mengenal pembuatan alat-alat dari logam
- mengenal pembagian kerja
- terdapat stratifikasi sosial atas dasar keahlian dan kepemilikan logam 
- masyarakat telah teratur karena telah terikat oleh norma-norma yang diciptakan
- telah ada pemerintahan suku yang setingkat dengan raja
- mengolah tanah dengan irigasi dan pemupukan
- telah mengembangkan perdagangan

BIDANG BUDAYA
- mampu membuat kaca yang sederhana berupa manik-manik indah
- perhiasan digunakan sebagai alat tukar
- seni lukis berkembang sangat pesat
- mengenal teknik pembuatan alat dari logam antara lain sebagai berikut.
1. bivalve yaitu dengan cetakan batu yang dapat digunakan berulang-ulang. Cetakan ini terdiri atas dua bagian. Pada bagian tengah membentuk rongga untuk dituangi cairan logam., setelah kering di buka jadilah benda yang diinginkan.
2. acire perdue yaitu membuat model dari lilin kemudian di bungkus tanah liat dan dituangkan cairan logam sehingga lilin mencair setelah kering tanah liat dipecah menjadi benda yang diinginkan.
3. kepercayaan sama dengan masa ebelumnya tetapi peralatannya lebih bagus karena menggunakan alat dari perunggu

Bentuk bangunan masa perundagian      
Menhir
Yaitu tiang batu sebagai tugu peringatan kepada arwah nenek moyang·      
Dolmen
Yaitu meja batu tempat meletakkan sesaji·      
Peti kubur batu
Yaitu Lempengan batu besar berbentuk kotak persegi panjang sebagai peti jenasah·      
Sarkofagus
Yaitu Bangunan batu besar berbentuk seperti mangkuk sepasang sebagai peti jenasah·      
Patung nenek moyang
yaitu
bangunan berbentuk arca bagian kepala sebagai lambang nenek moyang·      
Punden berundah
Yaitu Susunan batu bertingkat menyerupai candi sebagai upacara pemujaan·      
Waruga
yaitu
Peti kubur batu berukuran kecil berbentuk kubus dan memiliki tutup dari lempengan batu lebar