Yang fimaksud gagasan utama apasih? Perbedaan sama kalimat utama apa? Thanks yg udh jwb

2
Gagasan Utama/ide pokok Pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/implisit atau kata–kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Cara untuk mengetahui ide pokok yakni dengan cara: Bacalah sebuah wacana kemudian tutuplah wacana tersebut. Cobalah jawab pertanyaan ini "Paragraf tersebut membahas mengenai apa?" Nah, jawaban itulah yang dinamakan ide pokok. Kalimat Utama Realisasi dari ide pokok yang berupa pernyataan atau kalimat yang terletak di awal dan di akhir paragraph.
gagasan utama adalah pokok utama topik suatu paragraf,biasanya gagasan utama terdapat di awal kalimat paragraf. sedangkan kalimat utama adalah ide pokok suatu paragraf
kepanjangan mbak,,

Jawabanmu

2014-01-09T17:37:12+07:00
Gagasan utama = pikiran utama yg terdapat dalam bacaan ,sma sja sprt gagasan pokok
klimat utama = kalimat yg menjadi inti paragraf..(inti sari kalimatnya dlm 1 paragfraff)
Jawaban paling cerdas!
2014-01-09T17:40:38+07:00
Gagasan utama adalah bentuk inti yang dibahas atau diungkapkan dalam paragraf yang terdapat di kalimat utama. 

Kalimat utama adalah kalimat yang sudah terdapat dalam paragraf tersebut, yang mengungkapkan, mewakili, dan mempermasalahkan inti bacaan tersebut.


1 5 1