Jawabanmu

2014-03-05T18:40:52+07:00
Ken Arok (1222–1227 M) Pendiri Kerajaan Singasari adalah Ken Arok yang sekaligus juga menjadi Raja Singasari yang pertama dengan gelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Munculnya Ken Arok sebagai raja pertama Singasari menandai munculnya suatu dinasti baru, yakni Dinasti Rajasa (Rajasawangsa) atau Girindra (Girindrawangsa). Ken Arok hanya memerintah selama lima tahun (1222–1227 M). Pada tahun 1227 M, Ken Arok dibunuh oleh seorang suruhan Anusapati (anak tiri Ken Arok). Ken Arok dimakamkan di Kegenengan dalam bangunan Siwa–Buddha.
Jawaban paling cerdas!
2014-03-05T18:47:05+07:00
Pada waktu itu Tumapel menjadi daerah bawahan Raja Kertajaya (Kediri). Ken Arok ingin menjadi raja,maka ia merencanakan untuk menyerang Kediri.Atas dukungan kaum pendeta,Ken Arok menyerang Kediri dan berhasil menaklukan Kediri.Setelah Kediri ditaklukan,maka seluruh wilayah Kediri dipersatukan dengan wilayah Tumapel dan lahirlah Kerajaan Singasari