1.fungsi utama pranata sosial adalah 2.pranata sosial mempunyai suatu tingkat kekekalan tertentu,sehingga pranta sosial yang berlaku dalam masyarakat tidak mudah 3.apa yang dimaksud pranata tidak direncanakan 4.apakah yang dimaksud aparat yang baik

2
1. Untuk menjada dan mencegah anggota-anggotanya agar tidak melakukan penyimpangan sosial.
2. Tidak mudah tergusur, diubah, ataupun dihilangkan.
3. Yaitu pranata yang timbul secara tidak sengaja, seperti pranata agama.
4. Aparat yang menjaga perilsku masyarakat ddengan baik dan tanpa pamrih. (Kalo yg ini kurang yakin)

Jawabanmu

2014-03-05T16:46:47+07:00
Memberikan pedoman kepada anggota masyarakat dalam hal bertingkah laku dan bersikap dalam menghadapi masalah kemasyarakatan.
2014-03-05T18:12:30+07:00
Menjaga keutuhan masyarakat dari ancaman perpecahan atau disntegrasi masyarakat. Hal ini mengingat bahwa sumber pemenuhan kebutuhan hidup yang dapat dikatakan tidak seimbang dengan jumlah manusia yang semakin bertambah baik kuantitas maupun kualitasnya, sehingga dimungkinkan pertentangan yang bersumber perebutan maupun ketidakadilan dalam usaha memenuhi kebutuhannya akan ancaman kesatuan dari warga masyarakat. Oleh karena itu, norma-norma sosial yang terdapat di dalam pranata sosial akan berfungsi untuk mengatur pemenuhan kebutuhan hidup dari setiap warganya secara adil atau memadai, sehingga dapat terwujudnya kesatuan yang tertib.Memberikan pedoman pada anggota masyarakat untuk bertingkah laku / bersikap untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan demikian pranata sosial telah siap dengan berbagai aturan atau kaidah-kaidah sosial yang dapat dan harus dipergunakan oleh setiap anggota masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Memberi pegangan pada masyarakat untuk menandakan sistem pengendalian sosial (social control). Sanksi-sanksi atau pelanggaran norma-norma sosial merupakan sarana agar setiap warga masyarakat tetap konform dengan norma-norma sosial itu, sehingga tertib sosial dapat terwujud. Dengan demikian sanksi yang melekat pada setiap norma sosial itu merupakan pegangan dari warga untuk meluruskan maupun memaksa warga masyarakat agar tidak menyimpang dari norma sosial, karena pranata sosial aka tetap tegar di tengah kehidupan masyarakat.