Jawabanmu

2014-03-05T16:09:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

 Upaya Pengelolaan
Pengelolaan agrokosistem lahan kering dipandang sebagai bagian dari pengelolaan ekosistem sumberdaya alam oleh masyarakat petani yang menempati areal dimana mereka menetap. Masyarakat petani menanami lahan pertanian dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dapat dikatakan sebagai bagian dari pengelolaan agroekosistem lahan kering di daerahnya. Menurut Soerianegara (1977) pengelolaan agroekosistem lahan kering merupakan bagian dari interaksi atau kerja sama masyarakat dengan agroekosistem sumberdaya alam. Pengelolaan agroekosistem lahan kering merupakan usaha atau upaya masyarakan pedesaan dalam mengubah atau memodifikasi ekosistem sumberdaya alam agar bisa diperoleh manfaat yang maksimal dengan mengusahakan kontinuitas produksinya. Komoditas yang diusahatan tentunya disesuaikan dengan kondisi setempat dan manfaat ekonomi termasuk pemasaran. Dalam pembangunan pertanian berkelanjutan pengelolaan agroekosistem lahan kering dapat dipandang sebagai upaya memperbaiki dan memperbaharui sumberdaya alam yang bisa dipulihkan (renewable resourses) di daerahnya. Dalam pemanfaatan sumberdaya lahan kering untuk pertanian berkelanjutan memerlukan pendekatan lingkungan dan mengikuti kaidah pelestarian lingkungan.

Konservasi LahanKarena besarnya variasi lingkungan lahan kering, maka teknologiyang diperlukan juga bervariasi sesuai kondisi setempat. Pada lahandengan kemiringan lebih dari 15%, pembuatan teras (bangku, kredit, ataugulud) dengan penanaman rumput perlu dipertimbangkan. Padapengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang bertujuan optimalsebaiknya dikaitkan dengan beberapa upaya pokok antara lain : (a)pengolahan lahan yang berlandaskan kaidah konservasi tanah dan airdalam arti luas, (b) pendayagunaan sumberdaya air dan iklim secaraoptimal, (c) pengelolaan vegetasi hutan, pangan dan pakan, (d)pembinaan sumber daya manusia secara bijaksana, dan (e) pemilihankomoditi sesuai agroekologi (Abas et al., 1989 dalam Soepandi danUtomo, 1995).

semoga membantu :)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-05T16:09:01+07:00
Pencucian (leaching),
8
akumulasi unsur-unsur beracun (toxic) dan polusi yang diakibatkan
pemberian pestisida yang tidak terkendali dapat menyebabkan degradasi
lahan.

1 5 1