Jawabanmu

2014-03-05T13:46:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Marquee Tools = Membuat area seleksi
Lasso Tools = Membuat area yang diseleksi secara bebas sesuai keinginan
Crop & Slice Tool = Memotong area gambar
Brush & Patch Tool = memperbaiki gambar dengan cara menghilangkan bagian tertentu dari gambar yang di kehendaki.
Stamp Tools terdiri dari Clone Stamp Tool = membuat suatu gambar dengan cara meniru atau menduplikasi atau mengkloning contoh gambar yang ada dan hasilnya sama persis.



13 2 13
2014-03-05T14:53:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Toolbar, berisi berbagai macam tombol yang berbentuk ikon gambar-gambar dan dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Misalnya proses membuka file dokumen yang sudah disimpan dan yang diaktifkan dengan menu: File > Open, maka dapat digantikan dengan mengklik tombol Open (tombol yang memiliki ikon bergambar folder file).
Untuk mengaktifkan dan menyembunyikan menu toolbar, kita bisa mengaturnya melalui menu: View - Toolbars, kemudian beri atau hilangkan tanda cek list (v).

a. Standard Toolbar (Toolbar Standar)

Toolbar standar, adalah sekumpulan ikon-ikon atau gambar sebagai jalan pintas yang berfungsi untuk melakukan perintah-perintah pengaturan dokumen, seperti: menyimpan, membuka, mencetak, menyalin teks dan sebagainya.

Berikut, nama ikon-ikon yang sering digunakan pada menu toolbar standar:

Nama ikonfungsi New Membuat lembar kerja baru Open Membuka dokumen yang pernah disimpan Save Menyimpan lembar kerja dalam bentuk dokumen file Print Mencetak lembar kerja Page Preview    Menampilkan dokumen yang aktif sebelum dicetak Cut Memindahkan suatu objek pada penyimpanan sementara Copy Menggandakan suatu objek pada lembar kerja OpenOffice.org Writer                          Paste Menampilkan hasil Copy atau Cut Undo Membatalkan penyuntingan dokumen paling akhir Redo Mengembalikan kembali tindakan penyuntingan terakhir Table Membuat tabel Zoom Mengubah ukuran tampilan lembar kerja OpenOffice.org Writer
b. Formatting Toolbar (Toolbar Pemformatan)

Pada formatting toolbar, terdapat ikon-ikon yang sering kita gunakan. Ikon tersebut berguna untuk mengatur dan memodifikasi penulisan pada dokumen. Dengan ikon-ikon ini, kita dapat memodifikasi teks dengan cepat. Berikut nama ikon yang sering digunakan dalam penyuntingan teks pada dokumen OpenOffice.org Writer:

Nama ikonfungsi Style and
Formatting
Memilih style yang akan digunakan
Font Name Memilih jenis huruf yang akan digunakan Font Size Memilih ukuran huruf Bold Mencetak tebal huruf, angka atau kalimat Italic Memberikan efek miring pada huruf, angka atau kalimat yang dimaksudkan Underline Memberikan garis bawah pada huruf, angka atau kalimat Align Left Membuat tulisan rata kiri Centered Membuat tulisan rata tengah Align Right Membuat tulisan rata kanan Justified Membuat tulisan rata kiri dan rata kanan pada lembar kerja Numbering Memberikan dan mengatur bentuk daftar item berstruktur di dalam teks, berupa huruf dan angka Bullets Memberikan dan mengatur bentuk daftar item berstrukstur di dalam teks, berupa simbolsimbol tertentu. Font Color Mengatur pewarnaan huruf atau angka di lembar kerja Background Color Memberikan efek pewarnaan pada bagian latar belakang teks ata objek tertentu


c. Drawing toolbar (Toolbar Menggambar)

Pembuatan dokumen yang disertai dengan gambar, warna, teks artistik dan simbol objek, akan membuat menarik isi dan tampilan dari sebuah dokumen. Drawing toolbar berfungsi untuk membuat atau menyisipkan gambar, simbol, objek, teks artistik dan sebagainya pada lembar kerja dokumen. Berikut nama ikon-ikon yang sering digunakan dalam penyuntingan gambar pada lembar kerja OpenOffice.org Writer:

Ads by Keep NowAd Options Nama ikonfungsi LineMembuat garis lurus RectangleMembuat objek berbentuk kotak EllipseMembuat objek berbentuk lingkaran Freeform LineMembuat garis bebas atau tidak beraturan TextMembuat teks pada area tertentu CallaoutsMenyisipkan objek awan Basic ShapesMenyisipkan objek atau gambar dasar pada lembar kerja, berupa bentuk persegi dan lingkaran Symbol ShapesMenyisipkan simbol pada lembar kerja Block ArrowsMenyisipkan objek berupa arah dan bentuk panah Fontwork gallery Membuat teks yang diberi efek grafis tertentu
d. Status Bar

Status bar, adalah kotak yang terletak paling bawah pada program aplikasi OpenOffice.org Writer, dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, gaya halaman, bahasa, ukuran tampilan, dan sebagainya. (Lihat gambar 1.10).

e. Scroll Bar

Scroll bar adalah bagian dari OpenOffice.org Writer yang berfungsi untuk menggeser halaman yang sedang aktif. Ada dua buah scrollbar, yaitu: scrollbar horizontal untuk menggeser halaman ke arah kanan atau kiri, dan scrollbar vertikal untuk menggeser halaman ke arah atas atau bawah.

11 4 11