Jawabanmu

2014-03-04T20:55:54+07:00
 Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagai hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut. Dalam pengertian yang luas, banjir dapat diartikan sebagai suatu bagian dari siklus hidrologi, yaitu pada bagian air di permukaan bumi yang bergerak ke laut. Dalam siklus hidrologi kita dapat melihat bahwa volume air yang mengalir di permukaan Bumi dominan ditentukan oleh tingkat curah hujan, dan tingkat peresapan air ke dalam tanah.

Air hujan sampai di permukaan Bumi dan mengalir di permukaan Bumi, bergerak menuju ke laut dengan membentuk alur-alur sungai. Alur-alur sungai ini di mulai di daerah yang tertinggi di suatu kawasan, bisa daerah pegunungan, gunung atau perbukitan, dan berakhir di tepi pantai ketika aliran air masuk ke laut.
Secara sederhana, segmen aliran sungai itu dapat kita bedakan menjadi daerah hulu , tengah, dan hilir . Di daerah hulu yang biasanya terdapat di daerah pegunungan, gunung atau perbukitan. Lembah sungai sempit dan potongan melintangnya berbentuk huruf “V”. Di dalam alur sungai banyak batu yang berukuran besar (bongkah) dari runtuhan tebing, dan aliran air sungai mengalir di sela-sela batu-batu tersebut. Air sungai relatif sedikit. Tebing sungai sangat tinggi. Terjadi erosi pada arah vertikal yang dominan oleh aliran air sungai.
Di daerah tengah, umumnya merupakan daerah kaki pegunungan, kaki gunung, atau kaki bukit. Alur sungai melebar dan potongan melintangnya berbentuk huruf “U”. Tebing sungai tinggi. Terjadi erosi pada arah horizontal, mengerosi batuan induk. Dasar alur sungai melebar, dan di dasar alur sungai terdapat endapan sungai yang berukuran butir kasar. Bila debit air meningkat, aliran air dapat naik dan menutupi endapan sungai yang di dalam alur, tetapi air sungai tidak melewati tebing sungai dan keluar dari alur sungai.
Di daerah hilir, umumnya merupakan daerah dataran. Alur sungai lebar dan bisa sangat lebar dengan tebing sungai yang relatif sangat rendah dibandingkan lebar alur. Alur sungai dapat berkelok-kelok seperti huruf “S” yang dikenal sebagai “meander”. Di kiri dan kanan alur terdapat dataran yang secara teratur akan tergenang oleh air sungai yang meluap, sehingga dikenal sebagai “dataran banjir”. Di segmen ini terjadi pengendapan di kiri dan kanan alur sungai pada saat banjir yang menghasilkan dataran banjir. Terjadi erosi horizontal yang mengerosi endapan sungai itu sendiri yang diendapkan sebelumnya.





JanemeilynaAmbisius28.01.2014Terima kasih (1)
copas kan ?
SAYA jujur hanya mencopy :) daripada ada orang yg gk jujur
@MIRANDA : iya itu dibawahnya ada tulisan saya kan JUJUR
ok
JanemeilynaAmbisius28.01.2014Terima kasih (1) ITU MENANDAKAN SAYA JUJUR MENCOPY .. DARIPADA ADA ORANG YANG MENCOPY TAPI GAK MENYEBUTKAN SUMBERNYA
2014-03-04T21:05:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Hujan merupakan proses terjadinya titik-titik air karena sudaah tertampung terlalu banyak akibat nya jatuh melalui titik-titik air

hujan terjadi biasanya lebih banyak di area laut
di aarea laut terjaadi hujan karena adaanya panas matahari yang ebih terik di daerah laaut
sehinggaa lebih cepat pengairan kembali ke laut
hujan yang mengandung co2 biasanya akan mengakibatkan hujan asam
bangunan rusaak dan banyak batuan lapuk.

hujan biasanya terjadi di musim penghujan pada angiin muson barat
namun kadang terjadi juga lawat hari itu

hujan yang lebat dan daerah yang tanaman atau tumbuhan nyya tidak ada dapat mengakibatkan banjir.
banjir bukan karena air di permukaan bumi bertambah tapi karena tak adanya akar yang menyerap air tersebut.
sehabis hujan pada siang dan panas umum nya muncul pelangi

sumber :pemikiran saya sendiri .

semoga membantu :)

1 5 1