Jawabanmu

2014-03-04T18:40:36+07:00
Kerajaan mataram kuno berkembang di jawa tengah sekitar abad ke 8 masehi . pusat pemerintahan kerajaan mataram disebut bumi mataram di pedalaman jawa tengah tetapi berpindah ke jawa timur. perpindahan tsb dimungkinkan disebabkan oleh serangan dari sriwijaya dan karena bencana alaam
1 2 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-04T18:53:25+07:00
Setelah kerajaan demak berakhir, berkembanglah kerajaan pajang yang dipimpin Sultan Hadiwijaya. pajang berhasil mengalahkan Arya Penangsang yang ingin merebut kekuasaan Sultan Hadiwijaya. tokoh yang membantu Sultan dalam melawan Arya Penangsang antara lain Ki Ageng Pemanahan (Ki Gede Pemanahan). lalu dia diangkat menjadi bupati (adipati) di Mataram dan putranya, Raden Bagus (Danang) Sutawijaya diangkat anak oleh Sultan Hadiwijaya dan dibesarkan di istana. Sutawijaya dipersaudarakan dengan putra mahkota bernama Pangeran Benowo. 
pada tahun 1582, Sultan Hadiwijaya meninggal dunia. penggantinya, Pangeran Benowo merupakan raja yang lemah. sementara Sutawijaya yang menggantikan Ki Gede Pemanahan justru semakin menguatkan kekuasaannya sehingga Pajang pun jatuh ke tangannya. Sutawijaya segera memindahkan pusaka Kerajaan Panjang ke Mataram. Sutawijaya sebagai raja pertama dengan gelar: Panembahan Senapati Ing Alaga Sayidin Panatagama
2 3 2