Jawabanmu

2014-03-04T17:59:14+07:00
KALIMAT LANGSUNG adalah kalimat yang secara cermat menirukan ucapan atau ujaran orang lain, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Bentuk dari kalimat langsung dapat berupa kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, ataupun kalimat seru. KALIMAT TAK LANGSUNG adalah kalimat yang melaporkan/memberitahukan ucapan atau ujaran orang lain. Bentuk dari kalimat tidak langsung hanya berupa kalimat berita.
contoh:
KALIMAT LANGSUNG :

” Kapan bukuku kamu kembalikan?“ tanya Samid.” Belikan saya mobil baru!“ pinta Tria.” Saya akan datang nanti malam,“ kata HamidKata Dhani,” Coba kamu bantu saya menyelesaikan tugas ini!” Kata Desmon,” Anggel nanti pulangnya saya antar!
KALIMAT TIDAK LANGSUNG :  
Dhani mengatakan supaya saya membatu dia menyelesaikan tugas.Ayah menyuruhku untuk mengantarkan surat ini ke kantornya.Polisi menggertak tiga orang pencopet yang baru saja tertangkap agar merekamasuk satu per satu.Wartawan bertanya kepada Kadispen Polri tentang siapa- siapa yang menjadi biang keladi bom Bali itu.Lilis berkata kepada kakaknya bahwa ia dipanggil ibu untuk makan.

5 4 5
Jawaban paling cerdas!
2014-03-04T18:10:30+07:00
Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ucapan atau ujaran orang lain. Kalimat hasil kutipan pembicaaraan seseorang persis seperti apa yang dikatakannya, dapat berupa kalimat perintah, berita, atau kalimat tanya. Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan ucapan atau ujaran orang lain. Bagian kutipan dalam kalimat tak langsung semuanya berbentuk kalimat berita
Contoh kalimat langsung
1. Robi berkata, “Panas sekali cuaca hari ini”.
2. “Tolong ambilkan obat!” kata Ibu kepada Rani.
3. “Kamu harus isitirahat yang cukup dan jangan dulu keluar rumah selama beberapa hari,”kata dokter kepadaku.
CONTOH KALIMAT TIDAK LANGSUNG :
1. Robi mengatakan bahwa cuaca hari ini panas sekali.
2. Ibu mengatakan kepada Rani untuk mengambilkan obat.
3. Dokter berkata kepadaku bahwa aku harus istirahat yang cukup dan tidak keluar rumah selama beberapa hari



13 3 13