Jawabanmu

2014-03-04T16:10:10+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
PERCOBAAN 3: PEMUAIAN BENDA GASJika benda cair dan padat memuai karena kalor atau panas, maka benda ras demikian juga akan memuai jika diberi kalor atau panas.
TujuanMenguji pemuaian benda gas.
Alat dan Bahan1.    Botol minuman bekas         1 buah.2.    Lilin                                    1 buah.3.     Sedotan minuman              1 buah.4.    Baskom/ember                    1 buah.5.    Lilin mainan/malam            secukupnya.

Tahapan Kegiatan1. Dengan cara yang sama pada percobaan pemuaian zat cair rakitlah air dan bahan yang telah disiapkan.2.      Perbedaan pada percobaan ini tidak perlu menggunakan larutan warm yang dimasukkan dalam botol.3.      Siapkan air dingin (bukan air es) dalam ember atau baskom.

PembahasanDari percobaan pertama kita dapat buktikan bahwa pemuaian benda gas terlihat pada gelembung-gelembung air dalam baskom / ember dan pada percobaan kedua terbukti dengan adanya balon yang semula kemps karena adanya pemuaian benda gas balon menjadi mengembang.
Ø     KesimpulanBenda gas akan memuai jika dipanaskan / diberi panas ( kalor ).
Ø     Jawaban Pertanyaan1. Dalam percobaan pertama ada 3 proses perpindahan kalor yaitu :            a. Dari lillin ke botol            b. Dari botol ke pipa sedotan            c. Dari pipa ke air baskom             Dalam percobaan kedua ada 2 perpindahan kalor yaitu :a.       Dari air panas di baskom ke botol kosongb.      Dari botol kosong ke balon2.Pòoses terjadinya ledakan balon dan ban kend!raan :    Volume dalam balon dan ban kendaraan jika mengalami pemanasan maka udara di dalam balon dan ban kendaraan akan mengembang. Pengembangan udara didalam balon lan ban kendaraan menekan seiring dengan pemuaian yang terjadi. Jika pemuaian terjadi terus menerus maka balon dan ban kendaraan tidak akan mampu menahannya akhirnya balon dcn ban cen$araan akan meletus.
6 3 6