Susunlah potongan-potongan teks berikut menjadi teks eksplanasi yang urut dan logis!
BANJIR
1. banjir terjadi hampir merata di indonesia saat ini. apa penyebabnya? apakah manusia menjadi salah satu penyebabnya?
2. banjir terjadi krena bnyk fktor. curah hjan yg sngt tnggi dpat dianggap sebagai sebab terjadinya banjir. selain itu, sluran air atau got yg tidak berfungsi krena tersumbat oleh smpah jga mnjadi sebab terjadiny banjir.
3.Jika Anda mempunyai biaya besar dan ruang lebih besar, buatlah sumur resapan dengan kedalaman mencapai empat meter dan diameter 150 cm.
4. Perubahan iklim global mengakibatkan curah hujan tinggi bisa terjadi tiba-tiba. Curah
hujan tersebut dapat terjadi dalam kurun waktu yang singkat atau dalam waktu lama.
5. Awalnya, air akan berubah sifat menjadi jenuh pada tanah melalui infiltrasi pada pori-
pori tanah. Pada kejadian selanjutnya air itu tidak lagi bisa diserap oleh tanah sehingga terjadi banjir.
6. Cara sederhana mengatasi banjir adalah dengan memperlakukan air dengan benar. Artinya, kita harus dapat menyalurkan dan mengendalikan curahan hujan yang jatuh ke bumi dengan baik.
7. Misalnya, jika kita tidak dapat mengirit pemakaian air, kita masih dapat menyimpannya
dengan memasukkan air kembali ke dalam tanah. Air hujan yang ditampung melalui talang dapat dimasukkan langsung ke dalam tanah dengan cara membuat lubang serapan.

2

Jawabanmu

2014-03-04T15:30:27+07:00
Pernyataan umum = no 2
deretan penjelasan = no 4,5
interpretasi =6
4 3 4
susunannya mna agar mnjadi teks eksplanasi?
pernyataan umum 2. banjir terjadi krena bnyk fktor. curah hjan yg sngt tnggi dpat dianggap sebagai sebab terjadinya banjir. selain itu, sluran air atau got yg tidak berfungsi krena tersumbat oleh smpah jga mnjadi sebab terjadiny banjir.
deretan penjelasan 4. Perubahan iklim global mengakibatkan curah hujan tinggi bisa terjadi tiba-tiba. Curah hujan tersebut dapat terjadi dalam kurun waktu yang singkat atau dalam waktu lama.
5. Awalnya, air akan berubah sifat menjadi jenuh pada tanah melalui infiltrasi pada pori-pori tanah. Pada kejadian selanjutnya air itu tidak lagi bisa diserap oleh tanah sehingga terjadi banjir.
interpretasi 6. Cara sederhana mengatasi banjir adalah dengan memperlakukan air dengan benar. Artinya, kita harus dapat menyalurkan dan mengendalikan curahan hujan yang jatuh ke bumi dengan baik.
2014-03-04T15:32:12+07:00
Kalau gasalah itu jawabannya 1-2-4-5-6-7-3 pernyataan umum :1-2-4 deretan penjelasan :5-6 interpretasi : 7-3
1 1 1