Jawabanmu

2014-03-04T12:59:50+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Rumah Betang Kalimantan Tengah, rumah adat Kalimantan Tengah juga memiliki banyak kesamaan dengan rumah adat Kalimantan Barat, mulai dari nama, bentuk, ukuran, penghuni, dll. Hal ini dikarenakan letak Kalimantan Tengah dan Barat yang berdekatan.

2. Rumah Banjar, merupakan rumah adat Kalimatan Selatan yang mana pada umumnya dihuni oleh Suku Banjar. Ciri khas dari rumah tradisional Suku Banjar ini terdapat pada gaya arsitekturnya yang unik dan ukirannya yang dekoratif.

3. Rumah Lamin, rumah adat Kalimantan Timur ini merupakan rumah tradisional Suku Dayak Kalimantan. Tipe rumah ini adalah panggung dengan luas sekitar 500 meter persegi yang dapat menampung lebih dari 10 keluarga.

4. Rumah Baloy, rumah adat Kalimantan Utara yang paling dikenal oleh masyarakat setempat. Mayoritas yang menghuni Rumah baloy adalah Suku Tidung, suku asli Kalimanatan Utara. Rumah Baloy memiliki nilai arsitektur yang tinggi dengan ukiran dan pahatannya.

5. Rumah Tongkonan, rumah adat Indonesia yang paling dikenal masyarakat lainnya adalah rumah adat Sulawesi Selatan, yaitu Rumah Tongkonan. Keunikan dari rumah tradisional ini adalah konstruksinya yang hanya menggunakan kayu dan tidak menggunakan bahan logam.

6. Rumah Souraja, rumah adat Sulawesi Tengah ini secara diperuntukkan bagi kaum berdarah biru (bangsawan) di Sulawesi Tengah secara turun temurun. Rumah tradisional lainnya dari Sulawesi Tengah adalah Tambi yang umumnya dihuni oleh masyarakat kebanyakan.

7. Rumah Laikas, rumah adat Sulawesi Tenggara ini pada umumnya besar dan megah layaknya istana sang raja. Hebatnya seluruh bangunan ini dibuat tanpa menggunakan bahan logam seperti paku, dan 100% menggunakan bahan kayu.

8. Rumah Mamuju, rumah adat Sulawesi Barat memilki nama yang sama dengan nama ibukota Sulawesi Barat, yaitu Mamuju. Rumah adat bertipe panggung ini sangat besar dengan ciri khas tangga dibagian depan rumah tradisional tersebut.

9. Rumah Dulohupa, merupakan rumah adat Gorontalo yang memiliki nilai seni dan arsitektur yang tinggi. Rumah tradisional Gorontalo ini memiki arti penting bagi masyarakat Gorontalo, salah satunya adalah digunakan untuk tempat musyawarah adat.

10. Rumah Pewaris, rumah adat Sulawesi Utara ini akan banyak kita jumpai didaerah Minahasa karena pada dasarnya Rumah Pewaris adalah rumah tradisional Minahasa. Sama seperti rumah adat didaerah Sulawesi lainnya, rumah ini bertipe panggung dengan ukuran yang sangat besar.