Jawabanmu

2016-12-21T20:11:54+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Paguneman adalah istilah dalam bahasa Sunda untuk menunjukkan bentuk percakapan atau dialog, dua arah, saling tanya jawab, dua orang atau lebih, dibuat dalam bentuk kalimat langsung. Untuk membuat sebuah paguneman yang baik terdapat unsur-unsur yang perlu diperhatikan, yaitu keras dan pelannya suara, tinggi-rendahnya suara atau dalam bahasa Sunda disebut "lentong", pilihan kata-kata yang digunakan, serta penjiwaan saat dialog atau percakapan dilakukan.

Dilihat dari suasananya, terdapat dua jenis paguneman, yaitu paguneman resmi dan paguneman tidak resmi. Contoh paguneman resmi yaitu seperti diskusi atau dalam bahasa Sunda disebut sawala, contoh paguneman tidak resmi adalah seperti dialog atau percakapan sehari-hari dengan teman. Sedangkan jika dilihat dari segi penerapannya di dalam karya sastra, terdapat beberapa jenis paguneman, yaitu paguneman untuk prosa, puisi dan drama.  
1 5 1