Jawabanmu

2014-09-13T18:35:51+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Merunduk dilakukan dengan 2 cara setau saya._.
Merunduk biasa : Cabang tanaman dirundukkan dan ditimbun dengan tanah, kecuali ujung cabangnya. Setelah membentuk akar, cabang atau batangnya dipotong, sehingga diperoleh tanaman baru. Cara ini dapat dikerjakan pada mawar, jambu air.
Merunduk majemuk : Seluruh batang dirundukkan kemudian ditimbuni tanah pada beberapa tempat atau seluruh tempat. Cara ini dapat dikerjakan pada tanaman soka dan anggur .

menempel :
- Buat irisan melintang pada bagian kulit halus dengan panjang ± 1 cm (± 20 cm di atas permukaan tanah ) atau kira-kira 1/3 lingkaran batang· 
- Di tengah-tengah irisan melintang dibuat irisan tegak lurus ke bawah (huruf T) atau ke atas (huruf T terbalik) dengan panjang ± 3 cm (tergantung besar kecilnya batang pokok)

- Saat mengiris usahakan setebal kulit, jangan sampai melukai kayunya, karena bisa berakibat kegagalan dalam penempelannya.
-Diusahakan mata tempel tidak terkena langsung sinar matahari
-Kulit di kedua belah disisi irisan tegak lurus diangkat dengan sudip kecil, yang nantinya akan di sisipi mata.
9 3 9