Jawabanmu

  • jbh
  • Gemar Membantu
2014-09-13T16:30:04+07:00
Tetap menerima budaya asing masuk ke indonesia namun tetap menjaga kebudayaan indonesia supaya tak tersingkirkan atau terhapus oleh budaya luar
apakah sepenuhnya kita menerima budaya asing tersebut ?
berdasarkan sila ke2 yakni kemanusiaan yang adil dan beradab, nah jika kebudayan itu dapat merusak moral bangsa indonesia maka harus dicegah atau dihindari tapi jika kebudayaan tersebut sudah melekat pada bangsa indonesia alangkah lebih baiknya jika budaya itu dihapus.
2014-09-13T16:31:45+07:00
Menurut saya budaya asing yang sudah melekat ini sungguh sudah berlebihan. jika hanya menggunakan bahasa asingnya untuk menambah wawasan saja mungkin itu masih wajar namun jika sudah menjadikan kebudayaan asing itu sebagai keseharian masing-masing individu maka saya pikir masalah ini perlu dikaji ulang karena bagaimanapun kita harus menjaga kelestarian budaya kita yang begitu beraneka ragam. karena jika kita membiasakan menggunakan kebudayaan asing tersebut maka kebudayaan asli Indonesia tersebut akan perlahan-lahan menghilang dan sewaktu-aktu bisa saja direbut oeh bangsa asing untuk diklaim sebagai kebudayaan mereka. itu artinya kita tidak bisa menjaga warisan nenek moyang sudah disiapkan dari dulu untuk anak cucunya.