Jawabanmu

2014-09-13T15:06:49+07:00
Asas-asas Otonomi Daerah Asas-asas untuk menyelenggarakan Otda (pemerintahan daerah), pada dasarnya ada 4 (empat), yaitu :

1. Sentralisasi yaitu sistem pemerintahan di mana segala kekuasaan dipusatkan di pemerintah pusat. 
2. Desentralisasi yaitu penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Dekonsentrasi yaitu pelimpahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau kepada instansi vertikal di wilayah tertentu.

4. Tugas Pembantuan yaitu penugasan dari pemerintah kepada daerah dan/atau desa, dari pemerintah propinsi kepada kabupaten/kota dan/atau desa, dari pemerintah kabupaten/kota kepada desa untuk melaksanakan tugas tertentu.

Sentralisasi

Menurut J. In het Veld, kelebihan sentralisasi adalah :

1. menjadi landasan kesatuan kebijakan lembaga atau masyarakat.

2. dapat mencegah nafsu memisahkan diri dari negara dan dapat meningkatkan rasa persatuan.

3. meningkatkan rasa persamaan dalam perundang-undangan, pemerintahan dan pengadilan sepanjang meliputi kepentingan seluruh wilayah dan bersifat serupa.

4. terdapat hasrat lebih mengutamakan umum daripada kepentingan daerah, golongan atau perorangan, masalah keperluan umum menjadi beban merata dari seluruh pihak.

5. tenaga yang lemah dapat dihimpun menjadi suatu kekuatan yang besar.

6. meningkatkan daya guna dan hasil guna dalam penyelenggaraan pemerintahan meskipun hal tersebut belum merupakan suatu kepastian.




Menurut J.T. van den Berg, kebaikan sentralisasi meliputi :

1. meletakkan dasar kesatuan politik masyarakat.

2. merupakan alat untuk memperkokoh perasaan persatuan.

3. mendorong kesatuan dalam pelaksanaan hukum.

4. membawa kepada penggalangan kekuatan.

5. dalam keadaan tertentu, sentralisasi dapat lebih efesien
.
2 4 2
2014-09-13T15:09:01+07:00
A.  asas desentralisasi penyelenggaraan nya secara utuh dan bulat yang di laksanakan di daerah kabupaten dan daerah kota.b.  asas dekonsentrasi pelimpahan wewnang dari pemerintah pusat kepada gubernur sebagai wakil pemerintah atau perangkat pusat daerah.c.  asas tugas perbantuanyang dapat di lakukan di daerah propinsi,daerah kabipaten,kota, dll
2 5 2