Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-13T13:19:11+07:00
Karena di Indonesia banyak rempah rempah dan getah pohon jarak yang digunakan untuk berperang
karena di Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah disetiap provinsi..
Karena jatuhnya konstantinopel di laut tengah, sehingga menyebabkan bangsa barat sukar memperoleh bahan rempah, dimana rempah2 sangat diminati oleh bangsa barat dan bisa diperoleh dgn harga murah di konstantinopel. Karena itu bangsa barat mencoba untuk memperoleh rempah2 ke negara2 timur termasuk Indonesia
2014-09-13T13:19:47+07:00
Hindia Timur atau Indonesia telah lama dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah seperti vanili, lada, dan cengkeh. Rempah-rempah ini digunakan untuk mengawet makanan, bumbu masakan, bahkan obat. Karena kegunaannya, rempah-rempah ini sangat laku di pasaran dan harganya pun mahal. Hal ini mendorong para pedagang Asia Barat datang dan memonopoli perdagangan rempah-rempah. Mereka membeli bahan-bahan ini dari para petani di Indonesia dan menjualnya kepada para pedagang Eropa.
1 5 1