Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-13T13:10:20+07:00
Dalam keadaan normal, tekanan udara di luar telinga sama dengan tekanan udara di dalam telinga. Apabila ada bunyi yang keras, tekanan udara di luar menjadi lebih besar. Jika tekanan udara di dalam telinga tidak menyesuaikan dengan tekanan udara luar, gendang telinga dapat rusak. Agar tekanan udara di dalam telinga sama dengan tekanan udara di luar telinga, kita harus membuka mulut. Dengan membuka mulut, udara luar akan masuk telinga tengah melalui saluran Eustachius. Akibatnya, tekanan udara di telinga tengah dengan di luar sama besar. Dengan tekanan udara yang sama besar ini, gendang telinga akan terjaga keutuhannya.
2 3 2
2014-09-13T13:12:26+07:00
telinga kita kan terdiri dr 3 bagian: teliga dalam, tengah, dan luar 
nah bagian telinga tengah ini berhubungan dgn rongga faring melalui tuba auditiva..tuba auditiva ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan antar sisi membran tympani...tuba auditiva ini akan membuka ketika mulut juga membuka jg..jd untuk mencegah membrane tympani pecah, maka sangat disarankan membuka mulut saat terjadi suara keras karena ketika mulut terbuka, tuba auditiva membuka dan udara akan masuk melalui tuba auditiva ke telinga tengah sehingga menghasilkan tekanan yang sama antara permukaan dalam dan permukaan luar membran tympani. 
samapi skrg saya masih byk menemui orang yang menutup telinganya pada saat terjadi suara keras...hal ini memang tidak salah tapi tidak efektif.

semoga memba ntu bro