sebuah pengungkit digunakan untuk mengangkat batu yang massanya 50 kg .jika panjang lengan kuasa 150 cm , lengan beban 30 cm, dan g (percepatan gravitasi) =10 N/kg, hitunglah :

a.gaya kuasa yang harus diberikan untuk mengangkat batu tersebut.

b.keuntungan mekanis.

2
kalau misalkan suka dengan jawabanku jangan lupa di vote terbaik ya agar 25% poin mu kembali
vote terbanyak caranya gimana kak ? aku bru gabung kmaren hehe
di samping ucapan terima kasih itu ada tombol jadikan jawaban terbaik, nah itu diklik aja

Jawabanmu

2014-03-03T19:10:44+07:00
A. F=  \frac{(50x10) x 0,3 m}{1,5 m}
   = 100 N

b. KM=  \frac{500 N}{100 N}
   = 5

Komentar sudah dihapus
30 cm= 0,3 m
LK sama LB nya di jadiin meter dulu
ouh:) ,, makasih banyak :)
okayyy....
Jawaban paling cerdas!
2014-03-03T19:17:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dari soal yang ada diketahui
massanya 50 kg .
panjang lengan kuasa 150 cm 
lengan beban 30 cm, 
g (percepatan gravitasi) =10 N/kg

ini adalah konsep dari keuntungan mekanis
rumusnya adalah

KM = \frac{F_b}{F_k} = \frac{l_k}{l_b}
KM = keuntungan mekanis
Fb = beban
Fk = gaya kuasa
lb = lengan beban
lk = lengan kuasa

Fb = massa * gravitasi = 50*10 = 500 Newton
lk = 1.5 m
lb = 0.3 m
gaya kuasa Fk = =\frac{F_b * l_b}{l_k} = \frac{500N * 0.3}{1.5} = 100 Newton

Maka Keuntungan mekanisnya

KM = \frac {F_b}{F_k} = \frac{500}{100} = 5 kali

2 4 2