Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-13T05:58:10+07:00
Hak Istimewa (hak Octroi) VOC , yaitu :
a. Dianggap sebagai wakil pemerintah Belanda di Asia.
b. Hak monopoli dagang di wilayah-wilayah antara Amerika Selatan dan Afrika
c. Hak memiliki angkatan perang dan membangun benteng pertahanan
d. Hak menyatakan perang dan atau membuat perjanjian secara adil dengan penguasa pribumi
e. Hak mengangkat pegawai
f. Hak memungut pajak
g. Hak melakukan pengadilan dan hak mencetak serta menyebarkan uang sendiri.
18 2 18
2014-09-13T06:02:28+07:00
Bebas mencetak uang sendiri,bebas membangun tentara sendiriĀ 
10 1 10
1.hak melakukan monopoli perdagangan
1.hak melakukan monopoli perdagangan 2.membentuk tentara sendiri,mengangkat pegawai dan membentuk pengadilan 3.melakukan perjanjian politik dan ekonomi dengan kerajaan ,serta melakukan perang damai dengan bangsa /suatu kerajaan lain 4.hak mencetak mata uang sendira