Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-13T05:25:22+07:00
gerak pada tumbuhan yaitu endonom ,esionom dan higroskopis.gerak endonom ialah gerak pada tumbuhan yang berada pada sel-sel daun.
esionom ialah perubahan kadar air
endonom akibat dari rangsangan dari lingkungan sekitar
esionom dibagi 3 lagi
funginya ialah untuk percobaan

1 5 1
2014-09-13T05:30:50+07:00
Pada tumbuhan ditemukan macam-macam gerak. Ada gerak yang timbul bukan karena adanya rangsang, melainkan oleh kekuatan dari dalam. Gerak itu disebut gerak otonom atau gerak spontan (gerak endonom).
Contohnya adalah gerak kloroplas memutar mengelilingi isi sel pada sel-sel daun Hydrilla sp. atau Elodea sp.
Gerak itu disebut juga gerak siklosis. Selain itu, juga ada gerak spiral pada tumbuhan yang mebelit pada batang tumbuhan lain. Sebaliknya, ada gerak yang timbul karena adanya rangsang dari luar. Gerak semacam itu digolongkan sebagai gerak etionom.

Gerak etionom sangat beragam bentuknya. Berdasarkan bagian tubuh yang bergerak dan ada tidaknya pengaruh sumber rangsang terhadap arah geraknya, gerak etionom dibedakan menjadi 3 golongan gerak, yaitu tropisme, taksis dan nasti.

Gerak tropisme
Gerak tropisme adalah gerak menanggapi rangsang dari bagian organ tumbuhan. Arah gerakannya dapat menuju atau menjauhi sumber rangsang. Gerak ini terdiri dari:Fototropisme, yaitu gerak tumbuhnya menanggapi sumber rangsang cahaya (foto), contohnya: ujung batang tumbuh mengarah ke sumber cahaya.Geotropisme, yaitu arah tumbuh menuju pusat gravitasi bumi, contohnya: akar tumbuh ke dalam tanah atau ke bawah. Dibedakan menjadi geotropi positif, yaitu gerak tumbuh akar yang mengarah ke pusat gravitasi dan geotropi negatif yaitu gerak tumbuh akar yang menjauhi gaya gravitasi.Hidrotropisme, yaitu gerak tumbuh akar menuju sumber airKemotropi, yaitu gerak tumbuh akar akibat rangsang kimiamisanya pada tanah humusHigrotropi, yaitu gerak yang dipengaruhi factor kelembaban tanahGerak taksisGerak taksis adalah gerak seluruh tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang. Gerak taksis ditunjukkan oleh gerak spora ganggang, sel gamet jantan tumbuhan lumut dan paku, serbuk sari pada tumbuhan berbiji, dan tumbuhan satu sel yang aktif bergerak di air, seperti Euglena viridis.
 Gerak euglena viridis merupakan gerak pindah tempat dari keseluruhan tubuhnya. Euglena viridis secara aktif bergerak menuju cahaya agar dapat melakukan fotosintesis. Gerak pindah tempat karena rangsang cahaya disebut fototaksis.
Sumber rangsang sel gamet jantan lumut adalah air sehingga geraknya disebut hidrotaksis. Gerak serbuk sari menuju bakal biji dirangsang oleh zat gula (zat kimia) pada putik sehingga gerak itu disebut kemotaksis.

Gerak nasti
Pada beberapa jenis tumbuhan, arah geraknya tidak dipengaruhi oleh sumber rangsang. Gerak semacam itu disebut gerak nasti. Gerak nasti terjadi karena perbedaan tekanan turgor

Niktinasti
Niktinasti dipengaruhi oleh factor sentuhan, cahaya, dan suhu udara. Contoh tumbuhan yang melakukan gerak niktinasti adalah tumbuhan lamtoro, sengon, sikejut/putri malu dan jenis tumbuhan Legum yang lain.

Hiponasti
Pada tumbuhanpolong tertentu daunnya mengatup ke atas. Dikatakan hiponasti karena sel-sel persendian bagian bawah yang mendorong daumn mengatup ke atas. Hal itu terjadi karena air dari sel-sekl persendian bagian atas dialirkan ke sel-sel bagian bawah. Akibatnya, sel-sel persendian bawah mengembang dan bagian atas menyusut.

Epinasti
Pada tumbuhan polong yang lain, daunnya mengatup ke bawah. Kejadiannya adalah kebalikan dari hiponasti

Fotonasti
Contohnya: tumbuhan bunga pukul empat, bunganya mekar pada sore hari. Karena mengatup atau membukanya bunga dirangsang oleh cahaya matahari, gerak tersebut disebut fotonasti.

Thigmonasti
Contohnya pada tumbuhan sikejut/putrid malu(Mimosa pudica), daunnya akan segera mengatup bila terkena sentuhan (thigmo) atau getaran (seismo)

Thermonasti
Gerak mengatupnya bunga sebagai respon terhadap perubahan suhu lingkungan.
1 3 1