Jawabanmu

2014-09-13T05:08:06+07:00
Mungkin karena unik , karena budaya juga merupakan kepribadian bangsa tanpa adanya budaya suatu bangsa akan dipandang sebelah mata oleh bangsa lain yang notabenya lebih maju dalam segi kebudayaan atau peradabanya..
2014-09-13T05:10:25+07:00
Budaya bagi suatu bangsa adalah harta yang tidak ternilai harganya,tanpa adanya budaya suatu bangsa akan dipandang sebelah mata oleh bangsa lain yang notabenya lebih maju dalam segi kebudayaan atau peradabanya. “Kebudayaan” Merupakan suatu konsep yang amat luas sehingga lahir berbagai tanggapan terhadap konsep kebudayaan.Istilah “kebudayaan” berkaitan dengan kata-kata “Adab” atau  “peradaban”.”Adab” dalam bahasa Arab,persi dan juga Melayu ,berarti didikan ,pemeliharaan,budi bahasa serta sopan santun.


Bila dipandang dari segi historis,Budaya  atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta  yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
 Sedangkan definisi budaya menurut deddy mulyana dan jalaludin rahmat mengatakan bahwa Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia
Sedangkan Menurut (Taylor,1897) Kebudayaan atau peradaban itu mempunyai arti yang sangat luas,yang meliputi perasaan dari suatu bangsa yang kompleks,meliputi pengetahuan,kepercayaan,seni,moral,hukum,adat istiadat (kebiasaan) dan pembawaan lainya yang diperoleh dari para anggota atau bagian masyarakat. 
Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya,bila dilihat dari profinsi Indonesia yang berjumlah 34 dengan beragam budaya yang ada disetiap profinsi.Adapun kebudayaan Indonesia maupun kebudayaan Nasional sendiri adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas bangsa atau identitas Nasional.
Kebudayaan Nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah “puncak-puncak dari kebudayaan daerah” dalam artian seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia disatukan dalam sebuah kebudayaan Nasional.
Adapun Definisi kebudayaan nasional menurut TAP MPR No.II tahun 1998, yakni: Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila  adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Wujud, Arti dan Puncak-Puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukungnya, Semarang: P&K, 199
Bagi kaum Nasionalis menjaga budaya adalah hal wajib ,dikarenakan Budaya adalah wujud kekayaan bangsa yang tidak ternilai secara materil,tidak heran jika pesan our faunding fathers kita Ir.Soekarno berkata dalam salah satu pidatonya yang  berapi-api  “Nation and Carakter Building”,pembangunan terhadap bangsa dan karakter bangsa Indonesia adalah hal yang urgen supaya NKRI yang bisa dibilang masih labil ini tidak bertaklid buta maupun terhegemoni atas budaya bangsa lain,Melainkan lewat pesan tersebut president pertama kita sudah mencoba untuk menggali jati diri bangsa yang kokoh seperti yang dituliskan oleh Ibrahim datuk Tan Malaka dalam bukunya MADILOG beliau mengatakan akan pentingnya penggalian jatidiri bangsa “self determination” , lewat beragam budaya yang ada inilah adalah suatu karakteristik tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh bangsa lain ,bentuk kongkrit dari karakter sebuah bangsa sendiri adalah Budaya,semakin kaya suatu bangsa akan budaya semakin kental pula karakter dan pondasi Bangsa tersebut. 
Dengan  demikian kekayaan kebudayaan yang ada diIndonesia,wajib bagi kita  sebagai warga Negara Indonesia,tidak ada alasan untuk  tidak bangga atas kebudayaan Bangsa sendiri,dengan cara menjaga dan melestarikan budaya yang ada,karena pada hakikatnya cinta terhadab budaya adalah cinta terhadab Negara,dan cinta terhadap Negara adalah sebagian dari Iman.
1 5 1