Jawabanmu

2014-09-13T00:29:04+07:00
Kalimat simpleks ialah kalimat tunggal. Contoh: Dia menanam bunga.
kalimat kompleks ialah kalimat majemuk yang dihubungkan dengan konjungsi (mempunyai konjungsi). Contoh: Yang pertama adalah tumbuhan dan yang kedua adalah hewan
1 4 1
2014-09-13T00:39:10+07:00
1.Kalimat simpleks adalah kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan.
   Contoh :Siti, seorang bocah yatim yang ditinggal mati ayahnya sejak usia 2 tahun. Kini Siti berumur 7 tahun. Siti masih harus berkeliling kampong untuk menjajakan bakso sepulang sekolah. Karena ia masih anak-anak, tentu belum bisa mendorong rombong bakso. Jadi, bakso dan kuahnya dimasukkan dalam termos nasi yang sebenarnya terlalu besar untuk anak seusianya. Termos seukuran itu berisi kuah tentu sangat berat.
    
Kini Siti berumur 7 tahun.   Subjek dalam kalimat tersebut adalah Siti. Predikatnya adalah berumur, dan Objeknya adalah tujuh tahun. Kalimat tersebut hanya mengandung unsur SPO   Siti masih harus berkeliling kampung untuk menjajakan bakso sepulang sekolah  Kalimat di atas berpola SPOK. Siti sebagai subjek, predikatnya adalah berkeliling, kampung sebagai objek, dan setelahnya adalah keterangan waktu

2.Kalimat Kompleks adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu aksi,  peristiwa, atau keadaan sehingga mempunyai lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur.
     Contoh :
Ia menanam bunga dan rajin menyiraminya.Ambilah Sumber Daya Alam secukupnya tetapi jangan serakahAlam itu indah bila kita rawat dan selalu kita jaga dengan baikMaaf kebanyakan ya :)


1 5 1