Jawabanmu

2014-09-12T20:32:07+07:00
Suatu hari,  pak doni melihat seorang ibu beserta anaknya sedang memakani rumput rumput pendek di taman. mereka dr kluarga yg miskin. mereka tdk mempunyai makanan lgi shingga terpaksa makan rumput. pak doni pun menghampiri mereka dan mengajaknya  ke rumah pak doni. ibu dan anak itu merasa senang. mereka berpikir akan diberi makan yang enak namun ternya apa yang terjadi. mereka disuruh makan rumput di halaman rumah pak doni karna rumputnya sdh panajng panjang
16 4 16
2014-09-12T20:33:49+07:00
Teks Anekdot Tentang Fenomena Sosial

"Seleksi Karyawan"

     Anda sedang menseleksi calon karyawan baru?? Ada segudang pertanyaan yang dapat diajukan untuk mengetahui cara berfikir dan wawasan mereka. Salah satu contoh pertanyaan yang dapat diajukan.  Untuk test bagi calon karyawan sebagai berikut.    Seorang manager HRD sedang menyaring pelamar untuk satu lowongan dikantornya. Setelah membaca seluruh berkas lamaran yang masuk, dia menemukan 4 orang calon yang cocok. Dia memutuskan memanggil ke-4 orang itu dan menanyakan 1 pertanyaan saja.  Jawaban mereka akan menjadi penentu apakah akan diterima atau tidak. Harinya tiba dan ke-4 orang itu sudah duduk rapi di ruangan interview.     Si Manager lalu mengajukan 1 pertanyaan :  “setahu Anda, apa yang bergerak paling cepat?” Kandidat I menjawab, “PIKIRAN”. Dia muncul begitu saja di dalam kepala, tanpa peringatan, tanpa ancang-ancang. Tiba-tiba saja dia sudah ada. Pikiran adalah yang bergerak paling cepat yang saya tahu”. “Jawaban yang sangat bagus”, sahut si Manager. “Kalau menurut Anda?”,
tanyanya ke kandidat II.
   “Hm….KEJAPAN MATA! Datangnya tidak bisa diperkirakan, dan tanpa kita sadari mata kita sudah berkejap. Kejapan mata adalah yang bergerak paling cepat kalau menurut saya”. ”Bagus sekali! Dan memang ada ungkapan ’sekejap mata’ untuk menggambarkan betapa cepatnya sesuatu terjadi”.      Si manager berpaling ke kandidat III, yang kelihatan berpikir keras. “NYALA LAMPU adalah yang tercepat yang saya ketahui”, jawabnya, “Saya sering menyalakan saklar di dalam rumah dan lampu yang di taman depan langsung saat itu juga menyala” Si manager terkesan dengan jawaban. Kandidat III. “Memang sulit mengalahkan kecepatan cahaya”, pujinya.     Dilirik oleh sang manager, kandidat IV menjawab, “Sudah jelas bahwa yang paling cepat itu adalah DIARE” “APA???!!!”, seru sang manager yang terkaget-kaget dengan jawaban yang tak terduga itu. “Oh saya bisa menjelaskannya” , kata si kandidat. “Dua hari lalu kan perut saya mendadak mules sekali. Cepat-cepat saya berlari ke toilet. Tapi sebelum saya sempat BERPIKIR, MENGEJAPKAN MATA atauMENYALAKAN LAMPU, saya sudah berak di celana” Tentu saja kandidat terakhir yang diterima….


Abstrak : Paragraf 1

Orientasi : Ketika si manager mengajukan pertanyaan ke kandidat I sampai kandidat III.

Krisis      : Sampai di kandidat IV, si manager bertanya pertanyaan yang sama, jawaban si kandidat IV yaitu jawaban yang tak terduga yaitu diare.

Reaksi : Ketika si manager mendengar jawaban kandidat IV ia pun terkaget karena jawaban yang tak terduga itu. tetapi si kandidat IV mampu menjelaskannya.

Koda : Akhirna dari ke IV kandidat tersebut, Kandidat IV lah yang di terima bekerja oleh si manager.

6 3 6